Definisi Jurnal dan Macam-Macam Jurnal | Ayoksinau.com

Posted on

Definisi Jurnal – Tentu Anda sering mendengar yang namanya jurnal, apalagi jika anda sedang kuliah dan sedang tahap penyusunan tugas akhir, skripsi, maupun tesis. Nah, pada kesempatan kali ini Ayoksinau.com akan membahas pengertian jurnal dan macam-macam jurnal secara detail.

Definisi Jurnal

Definisi Jurnal

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, jurnal memiliki banyak artian seperti (buku) catatan harian, buku yang dipakai sebagai perantara, surat kabar harian, majalah khusus yang memuat artikel dalam bidang ilmu tertentu, dan masih banyak lagi lainnya.

Jurnal merupakan suatu kutipan dari beberapa laporan yang mana di dalam jurnal tersebut terdapat poin-poin penting dari laporan tersebut. Jurnal ilmiah memiliki banyak jenisnya karena mencakup semua bidang ilmu, termasuk ilmu sosial san ilmu humaniora. Dalam bidang ilmu pengetahuan alam ataupun kedokteran, penerbitan artikel ilmiah lebih penting dibandingkan dengan bidang akademik lainnya.

Macam-Macam Jurnal

Jurnal memiliki berbagai macam jenis, diantaranya dapat Anda lihat berikut ini:

1) Jurnal Cetak

Jurnal cetak merupakan jenis jurnal yang ditulis oleh beberapa penulis dan disebarkan dengan melalui hasil cetak. Jurnal cetak juga diakreditasi dengan melampirkan nama-nama mitra bebestari dan bukti-bukti pemeriksaan jurnal dan aturan akreditasi yang ditetapkan oleh dikti. Akan tetapi, sejak bulan April 2016 lalu akreditasi jurnal cetak mulai tidak diadakan dan diganti dengan jurnal online atau yang sering kita sebut e-Journal yang tentunya harus dengan standar ISSN yang berbeda dengan jurnal cetak.

2) Jurnal Online

Untuk membedakan jurnal online yang benar dengan definisi yang sempit maka ada dua definisi jurnal online yang dipahami.

  1. Jurnal online merupakan jenis jurnal yang dapat diakses atau didapatkan secara online melalui website jurnal ataupun website sebuah institusi. Jurnal online ini dapat dikatakan seperti halnya jurnal cetak akan tetapi hasilnya di-online-kan.
  2. Jurnal online yang sesungguhnya adalah apabila jurnal tersebut mempunyai proses secara tersistematisasi dalam pengelolaannya yang dilakukan secara online. Dalam hal ini yaitu proses yang dilakukan antara penulis kemudian dilanjutkan oleh editor dan selanjutnya mitra bebestari melalui e-mail serta barulah masuk ke proses keputusan apakah jurnal tersebut diterima, ditolak, ataupun harus dilakukan perbaikan. Hal ini tergantung dari pihak pelaksana jurnal dan sistem yang digunakannya tersebut. Hal yang harus Anda ketahui adalah jurnal online akan lebih mudah dikenal dan disebarkan luaskan apabila jurnal tersebut telah memiliki DOI (digital object identifier). Hal ini seperti layaknya sebuah mobil ataupun motor yang memiliki nomor STNK.

3) Jurnal Lokal

Jurnal lokal merupakan penamaan yang diadakan untuk mewakili jurnal-jurnal yang dipublikasi oleh sebuah institusi dengan para penulis yang berasal dari pihak institusi itu sendiri. Semua terbitan jurnalnya terdiri dari para penulis dari institusi itu sendiri dan jurnal tersebut juga tidak melalui proses mitra bebestari (peer-review) atau jurnal itu hanya dibaca oleh institusi sendiri serta biasanya juga tidak sebidang dengan artikel-artikel yang akan dibaca dan diperiksa.

4) Jurnal Nasional

Jurnal nasional marupakan jenis jurnal yang ditulis oleh beberapa penulis luar negeri serta diperiksa oleh pembaca dari luar negeri pula. Akan tetapi, belum terakreditasi karena mungkin saja jurnal tersebut belum lulus ataupun belum diajukan untuk akreditasi dan mulai dilakukan indeks ke beberapa lembaga indeks baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

5) Jurnal Internasional

Jurnal internasional merupakan jenis jurnal yang menggunakan bahasa internasional seperti bahasa Inggris, China, Arab dan lain sebagainya. Akan tetapi untuk penamaan internasionalnya bukan hanya dikarenakan bahasanya, akan tetapi dikarenakan penulisnya yang dibuat dari berbagai universitas di seluruh dunia serta memiliki mitra bebestari yang memang ahli dan handal di bidangnya tersebut. Akan tetapi, tidak hanya sampai di tahap itu saja. Jurnal tersebut juga ditulis dengan menggunakan sistem OJS (Open Journal System). Jurnal internasional juga dapat diambil dari jurnal lokal apabila penulis jurnal tersebut hanya berasal dari suatu institusi di suatu daerah tersebut sehingga dapat dikategorikan sebagai jurnal lokal luar negeri sama halnya dengan jurnal indonesia-inggris yang ditulis oleh penulis local dari sebuah institusi di daerah itu sendiri.

6) Jurnal Internasional Bereputasi

Jurnal internasional bereputasi adalah jenis jurnal yang apabila jurnal tersebut telah lolos verifikasi ataupun indeks di Thompson reuters dan Copernicus, DOAJ, CrossReff (sedang) serta SCOPUS (yang paling tinggi). Jurnal-jurnal dari anak bangsa Indonesia yang telah berhasil terindeks di Scopus pada umumnya berbahasa Inggris dan berbasis science and technology.

Itulah pembahasan Ayoksinau.com tentang definisi jurnal dan macam-macam jurnal. Terimakasih telah berkunjung. Baca juga artikel-artikel menarik lainnya untuk terus menambah wawasan Anda.

Baca Juga:

Pengertian Website, Manfaat dan Jenis-Jenisnya | Ayoksinau.com

Definisi Kebudayaan, Sifat dan Unsur-Unsur Kebudayaan | Menurut Pendapat Para Ahli

Pengertian Seni, Fungsi dan Macam-Macam Seni | Ayoksinau.com

Pengertian Filsafat dan Ciri-Ciri Filsafat Menurut Para Ahli | Ayoksinau.com