Definisi dan Klasifikasi Statistik Lengkap

Posted on

Definisi dan Klasifikasi Statistik

Definisi Statistik

Walaupun terdapat banyak interpretasi terhadap keilmuan Statistik, secara umum  Statistik dapat diartikan sebagai suatu metode yang digunakan untuk pengumpulan dan analisis data, sehingga dapat diperoleh informasi yang berguna. Statistik menyediakan prinsip dan metodologi untuk merancang proses pengumpulan data, meringkas dan menyajikan data yang diperoleh, melakukan inter pretasi serta menganalisis dan mengambil kesimpulan atau generalisasi.

Meskipun lingkup pemakaiannya sangat luas pada dasarnya kebutuhan akan Statistik berawal dari adanya variasi data yang diperoleh dari hasil observasi.pada umumnya, data hasil pengamatan bervariasi karena di alam tidak ada dua individu yang 100 % homogen (persis sama) dan arena adanya kesalahan pengukuran. Selama kedua hal itu masih ada, metode Statistik diperlukan sebagai alat bantu untuk mengatasi ketidak pastian dalam pengambilan keputusan. disamping itu Statistik seringkali dikaitkan dengan keterbatasan biaya waktu dan tenaga yang tersedia.mengamati seluruh object yang terkait sering tidak mungkin, sehingga perlu dilakukan pendugaan karakteristiknya atau dasar sebagian obyek tersebut dalam rangka pendugaan inilah timbul masalah yang pemecahanya memerlkan Statistik.

Klasifikasi Statistik

Statistik biasanya dipelajari dari sudut teori atau metodenya. Landasan teoritis yang mendasari ilmunya dipelajari pada teori Statistik, sedangkan prosedur yang sistematis dalam penggunaannya disebutmetode statistika. Berdasarkan aktifitas yang dilakukan, dijabarkan dengan Statistik deskrptif satistik inferensia, sedangkan jika dilihat dari metodenya maka ada dua Statistik didalamnya yakni Statistik parametrik dan satistik nonparametrik.

1. Statistik Deskriptif

Membahasa cara-cara pengumpulan data, penyederhanaan angka-angka pengamatan yang diperoleh (Meringkas dan Menyajikan), serta melakukan pengukuran pemusatan dan penyebaran untuk memperoleh informasi yang lebih menarik, berguna, dan lebih mudah dipahami. Dengan statistik deskriptif kumpulan data yang dipeoleh akan tersaji dengan ringkas dan rapi serta dapat memberikan informasi initi dari kumpulan data yang ada.

2. Statistik Inferensia

Membahas cara menganalisis data serta mengambil kesimpulan (yang pada dasarnya berkaitan dengan estimasi parameter dan pengujian hipotesis). Metode ini berkaitan dengan analisis sebagian data sampai ke penarikan kesimpulan mengenai keseluruhan data. Sebagian data yang terkait dengan suatu variable dikenal sebagai sample, sedangkan keseluruhan datanya dalah populasi.

3. Statistik Parametrik

Merupakan bagian statistik inferensia yang mempertimbangkan nilai dari satu atau lebih parameter populasi. Sehubungan dengan kebutuhan inferensianya, pada umumnya Statistik parametrik membutuhkan data yang bersekala pengkuran minimal interval. Selain itu penurunan prosedur dan penetapan teorinya berpijak pada asumsi spesifik mengenai bentuk distribusi populasi yang biasanya diasumsikan normal.

4. Statistik Non Parametrik

Merupakan bagian dari statistik inferensia yang tidak memperhatikan nilai dari satu atau lebih parameter populasi, umumnya validitas pada Statistik nonparametrik tidak tergantung pada model peluang yang spesifik dari populasi. Statistik nonparametrik menyediakan metode statistik untuk menganalisis data yang di distribusikan tidak dapat diasumsikan normal.

Demikianlah penjelasan ayoksinau.com mengenai definisi dan klasifikasi statistik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Referensi : Metode Statistika untuk bisnis dan ekonomi oleh Dergibson Siagian dan Sugiarto

Baca juga : Zakat Perusahaan Menurut Hukum Islam Lengkap