12 Dampak Kebakaran Hutan Yang Sangat-Sangat Merugikan Sekali | Ayoksinau.com

Posted on

Dampak kebakaran hutan – Pernah medenger istilah kebakaran hutan ? yups kebakaran hutan bukanlah hal yang baru yang terdengar di telinga kita. Banyaknya kasus kebakaran hutan yang terjadi yang terdengar di media online atau media televisi,membuat kita semangin mengerti tentang kebakaran hutan. Namun tahukan kalian dampak yang terjadi ketika terjadi kebakaran hutan? Ada banyak sekali dampak dari terjadinya kebakaran hutan.

Dampak kebakaran hutan

Berikut ini adalah dampak ketika terjadi kebakaran hutan

gambar dampak kebakaran hutan

1. Potensi Bencana Yang Meningkat

Kebakaran hutan sebagaimana kita ketahui merupakan suatu bencana. Ketika terjadi kebakaran hutan maka akan timbul beberapa bencana lain yang sering terjadi, yaitu bencana banjir, tanah longsor. Misalnya bencana banjir terjadi, dikarenakan sungai tidak dapat menampung air yang begitu banyak karena tidak adanya pepohonan untuk menyerap air, sehingga menyebabkan terjadinya bencana banjir. Selain bencana banjir ada juga bencana tanah longsor. Bencana tanah longsor terjadi karena tidak adanya pepohonan, yang tiadanya akar-akar pepohonan yang dapat memperkuat struktur tanah. Karena tidak adanya akar-akar sebagai penguat struktur tanah maka terjadilah bencana tanah longsor.

2. Terjadi Erosi Pada Tanah

Bagaimana dapat hutan dapat menahan erosi pada tanah ? lalu apakah ketika hutan terbakar tanah menjadi erosi. Jadi maksudnya ketika pepohonan di hutan masih rimbun, maka ketika tejadi hujan yang lebat, dedaunan yang ada dapat berfungsi sebagai kanopi yaitu dapat menahan derasnya air hujan yang turun, sehingga tidak langsung deras ke tanah. Kerena air hujan yang jatuh deras ke tanah mengandung tenaga potensial. Jadi ketika hutan terbakar, maka tidak ada yang dapat melindungi tanah karena tidak adanya dedaunan sebagai kanopi untuk menahan derasnya air hujan. Sehingga membuat tanah cepat terjadi erosi.

3. Kualitas Sumber Daya Air yang menurun

Maksudnya yaitu seperti kita ketahui bahwa pepohonan yang ada dihutan merupakan sumber mata air dan penyimpanan air. Jadi ketika hutan terbakar habis, dan tidak adanya pepohonan maka tidak ada lagi yang dapat menyimpan cadangan air didalam tanah. Dan ketika sudah tidak ada lagi media penyimpanan air, maka dapat dipastikan akan berakibat terjadi bencana yaitu bencana kekeringan terlebih pada saat musim kemarau. Terlebih air merupakan kebutuhan pokok bagi makhluk hidup dibumi ini.

4. Meningkatnya Resiko terjadinya Pemanasan Global

Ketika terjadi kebakaran hutan, maka akan menimbulkan banyak asap dan karbon dioksida, hal tersebut akan membuat semakin meningkatnya pemasan global. Padahal asap karbon dioksida yang dihasilkan oleh manusia dan pabrik-pabrik belum secara maksimal diserap oleh pepohonan, dan malah ditambah makin parah ketika pohon-pohon yang fungsinya dapat mengubah karbon dioksida malah terbakar habis dan juga menambah produksi asap karbon dioksida. Dan jika terjadi kebakaran hutan secara terus menerus, maka akan menyulitkan manusia itu sendiri.

5. Timbulny Asap Serta Terjadi Polusi Udara

Ketika terjadi bencana kebakaran hutan, maka akan menimbulkan kabut asap yang tebal. Semakin luas hutan yang terbakar, maka semakin tebal pula asap yang dihasilkan. Ketika asap semakin banyak dan menebal maka akan mengganggu kehidupan makhluk hidup dibumi, khususnya manusia, dikarenakan pandangan akan terganggu oleh asap (mengurangi jarak pandang).

Kabut adap juga dapat menimbulkan berbagai penyakit, seperti gangguan ISPA dan gangguan pernapasan dan paru-paru. Selain dampak buruk bagi manusia, hewan-hewan yang ada dihutan pun akan mati karena terkontaminasi asap yang berlebihan.

Baca juga :

6. Terganggunya Keseimbangan Alam

Ketika terjadi bencana alam, maka secara tidak langsung keseimbangan pada alam akan terganggu. Seperti kita ketahui jika hutan memiliki peranan yang sangat penting bagi penyeimbang  lingkungan alam yaitu untuk menestralisir udara ataupun air yang ada didalam tanah. Karena itulah ketika terjadi kebakaran hutan sering masuk kedalam kategori peristiwa bencana alam yang sangat serius karena bencana tersebut haruslah cepat diatasi dan dicegah agar tidak terjadi lagi.

7. Terganggunya Keseimbangan Ekosistem

Dampak yang akan terjadi selanjutnya ketika terjadi bencana kebakaran yaituakan terganggunya keseimbangan ekosistem. Ekosistem akan dapat terganggu keseimbangannya karena hutan yang sebagai penyeimbang sudah  tidak ada lagi karena sudah terbakar. Pepohonan yang biasanya mengurangi keadaan alam seperti polusi udara serta sudah tidak adanya pepohonan yang dapat menyimpan cadangan air. Jika seperti itu, maka ekosistem yang ada dibumi tidak akan bisa seimbang lagi.

8. Binatang Tidak Mempunyai Tempat Tinggal

Bencana kebakaran hutan akan mengakibatkan matinya hewan-hewan yang ada dihutan. Ketika ada beberapa hewan yang masih selamat dari bencana kebakaran hutan, maka hewan-hewan tersebut akan kehilangan tempat tinggalnya karena hutan yang tadinya mereka tinggali telah habis terbakar. Selain tidak memiliki tempat tinggal, asupan makanan untuk makhluk hidup pun menjadi semakin tipis karena sumber bahan makanan dari alam sudah tiada lagi, karena sumbernya (hutan) sudah terbakar.

9. Matinya Pepohonan

Dampak yang timbul dari kebakaran hutan yaitu matinya pepohonan, karena sudah sewajarnya ketika sesuatu terbakar maka akan menjadi layu dan kemudian mati. Padahal kita tahu seberapa penting pepohonan yang ada dihutan untuk kelangsungan kehidupan makhluk hidup dibumi. Sudah dapat dibayangkan apabila semua hutan telah hangus terbakar, dan tidak adanya pepohonan. Bencana tersebut tentunya akan mengakibatkan banyak hal buruk, seperti kekurangan oksigen, tiada tempat berlindung bagi hewan-hewan dan berkurangnya kebutuhan pokok yang diambil dari hutan.

10. Terjadinya Alih Fungsi Hutan

Hutan yang telah terbakar, akan membutuhkan waktu yang lama untuk mengembalikannya ke posisi semula. Melakukan reboisasi akan terasa sulit karena tanahnya sudah rusak. Maka tidak jarang beberapa pihak lebih memilih mengalih fungsikan hutan yang telah terbakar menjadi perkebunan atau tempat untuk pabrik. Melakukan alih fungsi hutan sebenarnya berakibat buruk bagi lingkungan dan makhluk hidup yang ada disekitarnya

11. Sedimentasi Sungai

Hutan yang terbakar akan menghasilkan banyak debu karena banyaknya sisa pembakaran maka debu yang dihasilkan juga banyak. Debu dari hasil kebakaran akan berterbangan ke sungai dan akan terbawa air. Sisa-sisa debu pembakaran kemudian aan mengalami proses sedimentasi didalam sungai yang akan mengakibatkan sedimentasi sungai atau pendangkala sungai. Akibatnya, ketika sungai menjadi  dangkal yaitu ketika datang musim penghujan, maka sungai tidak dapat menampung banyak air, sehingga akan mengakibatkan terjadinya bencana banjir.

12. Terancamnya keanekaragaman hayati

Selain habitat flora dan fauna yang terancam, kemudian keanekaragaman hayati juga akan terancam. Seperti yang telah dijelaskan bahwa hutan merupakan tempat tinggal bagi berbagai macam hewan dan tumbuh-tumbuhanan. Berbagai spesies hewan dan tumbuhan berada di dalamnya, baik itu spesies endemik maupun spesies lagi.

Baca juga artikel menarik di bawah ini :

Demikianlah ulasan mengenai dampak kebakaran hutan, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda, kunjungi terus ayoksinau.com