Contoh Teks Fabel Yang Banyak Diketahui Oleh Orang | Ayoksinau.com

Posted on

Contoh Teks Fabel – salam hangat selalu untuk kita semua, pada kesempatan kali ini ayok sinau akan mengulas mengenai contoh teks fabel singkat beserta strukturnya. Struktur teks cerita fabel membunyai beberapa bagian seperti : Orientasi, Komplikasi, Resolusi, dan Koda. Admin kali ini akan memberi tema contoh teks fabel yaitu dongen atau sebuah cerita mengenai tentang binatang, persahabatan dan hewan, dari setiap contoh teks nantinya akan dijelaskan pesan atau moral yang terdapat didalam teks cerita fabel.

Contoh Teks Cerita Fabel

gambar Contoh Teks Fabel

Dibawah ini sudah admin siapkan beberapa contoh teks cerita fabel singkat mengenai hewan lengkap beserta contoh strukturnya.

Contoh ke 1 : Tiga Ikan

Contoh teks cerita fabel yang singkat ini akan menceritakan mengenai kisah tiga ikan yang hidup di dalam sebuah kolam, untuk lebih lanjut silahkan skroll kebawah.

TIGA IKAN

Orientasi

Pada suatu ketika, terdapatlah tiga ikan yang hidup di dalam sebuah kolam. Hingga pada suatu sore, beberapa nelayan melewati kolam tersebut lalu mereka juga melihat ikan-ikan itu. Mereka berkata “kolam ini dipenuhi dengan ikan-ikan” dan temannya menyambung perkataan tersebut dengan ucapan “ kita belum pernah memancing disini sebelumnya. Sebaiknya kita datang lagi besok pagi dengan membawa jaring-jaring kita dan lalu menangkap ikan-ikan ini.

Komplikasi

Pada saat ikan paling tua mendengar perkataan tersebut, dia langsung gelisah, kemudian dia memanggil ikan-ikan lain dan berkata,”apakah kalian mendengan apa yang dikatakan oleh para nelayan tadi? Kita harus segera meninggalkan kolam ini. Karena nelayan akan kembali pada besok pagi dan akan membunuh kita semua. Lalu di sambut hangat oleh ikan kedua, dia berkata kamu benar, kita harus meninggalkan kolam ini.

Akan tetapi ikan yang paling muda kemudian tertawa. ‘kamu sangat cemas tanpa ada alsannya’, kita sudah lama tinggal di kola ini, dan tidak pernah ada nelayan yang datan ke tempat ini. Kenap harus orang-orang itu yang kembali?saya tidak akan ikut pergi keberuntunganku akan menyelamatkanku.

Baca juga :

Resolusi

Ikan tertua lalu meninggalkan kolam pada sore harinya dengan mengajak seluruh keluarga. Ikan kedua lalu melihat nelayan datang dari kejauhan pada pagi hari lalu meninggalkan kolam tersebut dengan para anggota keluarganya. Ikan ketiga masih tetap pada pendiriannya. Lalu para nelayan tersebutpun datang kembali dan menangkap semua ikan yang tertinggal di kolam tersebut. Keberuntungan ikan ketiga tidak menyelamatkannya – ikan tersebut juga tertangkap dan terbunuh.

Koda

Ikan yang cemas terlebih dahulu dan bertindak sebelum kembalinya para nelayan dan ikan yang tertidak ketika nelayan datang dan berhasil selamat. Akan tetapi ikan yang lebih percaya pada keberuntungannya itu dan tidak melakukan apa-apa mereka mati semua.

Beruang Dan Lebah

Pada suatu hari seekor beruang yang berjalan di sepanjang hutan guna mencari makanan. Beruang tersebut berniat untuk mencari buah-buahan untuk bekal makanan selama beberapa hari. Tanpa ia sengaja ternyata beruang tersebut menemukan sebuah pohon yang tumbuh. Akan tetapi pohon tersebut dihuni oleh para lebah yang sedang membuat sarang. Kemudan beruang itupun penasaran dangan sarang lebah itu.

Mulailah beruang itu mengendus-endus sarang lebah menggunakan hidungnya. Dengan sangat hati-hati beruang itu melihat ke dalam sarang. Beruang itupun berharap kalau lebah tidak sedang ada di dalam saranngnya sehingga dia bisa mengambil madu yang ada didalam sarang tersebut.

Akan tetapi sangat malam bagi beruang tersebut ketika dia sedang melihat kedalam sarang, para leba sedang menuju ke arah sarang mereka yang usai dari mencari sari makanan dari bunga-bungan. Akhirnya tidak dapat dihindari lagi para kawanan lebah yang berjumlah ribuat langsung saja menyerang beruang itu.

Dengan berjuang sangat keras ia mencoa untuk melawan dan berusaha berlari menuju ke arah rumanya. Akan tetapi kawanan lebah malah semakin ganan dan jusrtu memanggil lebah dari beberapa sarang yang sedang berada dihutan guna mengejar beruang tersebut. Hingga pada akhirnya, beruang tersebut tidak bisa menghindar dan beruang itu harus rela digigit oleh kawanan lebah.

Demikianlah ulasan mengenai contoh teks fabel. semoga ulasan dari ayoksinau.com bisa bermanfaat.

Baca juga ulasan di bawah ini :