Contoh Teks Diskusi Yang Baik Dan Benar Sudah Terpercaya

Posted on

Contoh Teks Diskusi

Sebelum membahas tentang contoh teks diskusi dan juga apa saja yang menjadi struktur teks diskusi, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu pengertian dari teks diskusi. Diskusi merupakan sebuah interaksi atau percakapan antara dua orang atau bisa lebih atau bisa kelompok. Diskusi juga bisa berupa apa saja yang bagian awalnya disebut dengan topik. Dari bagian topik inilah diskusi diperbincangkan dan berkembang yang nantinya akan menghasilkan sebuah pemahaman dari topik yang diperbincangkan tersebut.

Pengertian dan contoh teks diskusi

Teks diskusi adalah jenis teks yang menghasilkan dua pendapat tentang suatu hal. Namun diantara pendapat tersebut akan ada yang pro dan kontra atau ada yang selaras dan juga bertentangan.

Struktur teks diskusi memiliki 3 struktur, diantaranya yaitu:

  1. Struktur pertama dalam teks diskusi adalah isu
  2. Yang kedua adalah pendapat atau argumen, di dalam sebuah teks diskusi terdapat dua pendapat atau argumen yaitu argumen menolak atau menentang dan juga argumen mendukung.
  3. Yang menjadi struktur ketiga yaitu inti atau kesimpulan

Untuk membuat contoh teks diskusi Anda bisa membuat dari beberapa berita yang sedang terjadi. Seperti salah satunya tema tentang kenakalan remaja, atau dampak buruk game online bagi anak remaja. Teks diskusi sendiri terdiri dari beberapa macam, antara lain adalah sarasehan, seminar, diskusi panel, kongres, simposium, lokakarya dan juga muktamar.

Berikut adalah contoh teks diskusi berdasarkan dengan struktur teks diskusi

Judul diskusi: Gadget dan anak-anak

Isu

Di zaman sekarang kemajuan teknologi telah mengalami perkembangan yang sangat pesat, salah satunya adalah perkembangan smartphone. Dengan kemajuan teknologi di bidang smartphone ini memang banyak memberikan kemudahan untuk manusia dalam hal komunikasi.

Karena hampir setiap orang di dunia ini menggunakan smartphone untuk mendukung setiap aktivitas yang dilakukan, termasuk anak-anak. Namun pemberian smartphone atau gadget pada anak-anak mengalami banyak pro dan kontra di masyarakat.

Argumen mendukung

Bagi masyarakat yang pro, tentu memberikan gadget pada anak-anak akan memberikan kemudahan dalam segala hal, termasuk dalam hal pelajaran. Karena mereka beranggapan bahwa sekarang adalah zaman dimana anak-anak harus mengikuti perkembangan zaman agar tidak ketinggalan.

Smartphone juga dinilai mampu memberi dampak positif, seperti salah satunya adalah memberi kemudahan dalam hal apapun. Orang tua pun menjadi lebih mudah dalam mengawasi perkembangan dan segala aktivitas yang dilakukan melalui smartphone anak-anaknya.

Argumen menentang atau menolak

Akan tetapi, disisi lain pemberian gadget pada anak-anak juga lebih banyak memberikan dampak negative sehingga banyak orang terutama orang tua melarang anaknya untuk bermain smartphone. Mereka pun menyayangkan pemberian hp pada anak atau pada anak-anak yang masih dibawah umur. Mereka menganggap smartphone yang diberikan untuk anak-anak justru akan merusak dan akan memberi efek yang sangat buruk pada perkembangan dan juga perilaku anak.

Kesimpulan

Dari pendapat dua di atas yang sudah dijabarkan tersebut, bisa disimpulkan bahwa dalam pemberian gadget pada anak-anak khususnya anak-anak di bawah umur menghasilkan pro dan kontra di kalangan masyarakat dan orang tua. Oleh sebab itu, Anda sebagai orang tua harus lebih berhati-hati dalam memberikan fasilitas kepada anak.

Itulah contoh teks diskusi sesuai dengan struktur teks diskusi semoga artikel dari ayoksinau.com bisa membantu dan bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya :