10+ Contoh Gejala Sosial | Ayoksinau.com

Posted on

Contoh Gejala Sosial – yang sangat sering terjadi pada masyarakat dan juga pada kehidupan sehari-hari diareah lingkungan yang kita tinggali. Permasalahan social di Indonesia sendiri memang semakin sangat kompleks, semakin banyak penduduk pada suatu Negara maka tentu akan semakin banyak pula tantangan ataupun masalah social yang yang harus dihadapi, apalagi Indonesia merupakan Negara yang berkembang bukan merupakan Negara yang sudah maju. Factor ekonomi juga mempengaruhi kenapa gejala social ini bisa sangat banyak sekali terjadi. Bahkan jika kita sedang melihat berita ada banyak sekali berita criminal ataupun berita mengenai kemiskinan yang mendera masyarakat Indonesia.

gambar gejala sosial

Kemiskinan dan kurangnya pendidikan adalah salah satu faktor yang banyak menyumbang kenapa gejala sosial ini banyak sekali terjadi, apalagi bisa kita nilai sendiri bahwa banyak sekali masyarakat atau penduduk di indonesia yang tidak bisa mengecap bangku pendidikan dan hidupnya berada dibawah garis kemiskinan, hingga tak heran bila banyak anak yang terkena gizi buruk dan sebagainya. Dan ini adalah 10 Contoh Gejala Sosial yaang sering terjadi di masyarakat indonesia ataupun di kehidupan kita sehari hari.

  • Pencemaran Lingkungan
  • Banyaknya Pengangguran
  • Terlalu Banyaknya Penduduk atau Kepadatan Penduduk
  • Kemiskinan
  • Kesenjangan Sosial
  • Kenakalan Remaja seperti genk motor dan sebagainya
  • Penyakit Menular atau Wabah Penyakit
  • Masalah Sampah
  • Tidak Tersedianya Lapangan Kerja
  • Tingginya angka Kriminalitas

Baca juga :

  1. Ilmu Sosiologi, Pengertian Sosiologi, Cirri-Ciri Sosiologi, Sosiologi sebagai Ilmu Pengetahuan Sosial, Sejarah Munculnya Ilmu Sosiologi, Cabang- Cabang Ilmu Sosiologi (Lengkap)
  2. 6 Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Interaksi Sosial

Diatas tersebut adalah beberapa dari sekian banyak gejala sosial yang ada di negara indonesia. Sebagai negara yang tengah berkembang, tidak lah mengherankan kalau di dalam masyarakatnya banyak sekali terjadi problematika sosial. Seperti gejala sosial pencemaran lingkungan, indonesia merupakan negara yang tengah berkembang banyak sekali menjadi sasaran investasi bagi negara lain untuk membangun pabrik di indonesia, seperti di Bekasi. Ratusan pabrik berdiri disana, dampak banyaknya pabrik yang paling terasa adalah adanya pencemaran lingkungan terutamanya Air. Sungai menjadi tercemar, karena limbah pabrik dibuang langsung ke sungai. Hingga akhirnya sumur warga pun banyak yang tercemar, air menjadi berbau tidak sedap.belum lagi hewan penghuni sungai yang mati akibat pencemaran limbah pabrik tersebut.

Gejala sosial masalah sampah, ini tidak terlepas dari penduduk indonesia sendiri yang kurang tertib hingga mengakibatkan banyak sampah berserakan di jalanan dan juga di sungai, tidak heran bila akhirnya masalah sampah ini menjadi masalah sosial yang serius karena tidak dikelola dengan baik. Sampah yang sudah terlalu banyak dan menumpuk tentu akan mengakibatkan pencemaran terhadap udara dan lingkungan sekitar.

Masalah sosial teralu banyaknya pengangguran juga sangat serius. meski menganggur tentunya mereka tetap membutuhkan makanan, dan bagaimana mereka bisa makan jika pekerjaan saja tidak punya maka tentu saja uang juga tidak punya dan pada akhirnya mereka bisa gelap mata melakukan aksi kriminalitas akibat didesak oleh kebutuhan.

Baca juga :

  1. Pengertian Stratifikasi Sosial – Bentuk, Ciri, Pembentukan & Manfaat Hingga Kerugiannya | Ayoksinau.com
  2. Pengertian Sosial, Cakupan Sosial dan Faktor-Faktor Sosial | Ayoksinau.com
  3. Pengertian Struktur Sosial, Ciri-ciri Struktur Sosial Menurut Para Ahli
  4. Pengertian,Definisi,Faktor Unsur dan Cakupan Sosial Menurut Para Ahli

Itulah ulasan mengenai contoh gejala sosial, semoga dengan adanya ulasan ini bisa lebih menambah wawasan anda, kunjungi terus ayoksinau.com sebagai media pembelajaran secara online.