Cara Membuat Atau Menyusun Kata Pengantar Skripsi“Lengkap”

Posted on

Cara Membuat Atau Menyusun Kata Pengantar Skripsi

Menyusun kata pengantar pada skripsi memang terbilang gampang-gampang susah. Tak hanya pada skripsi saja, kata pengantar biasanya terdapat pada karya ilmiah, makalah, laporan dan sebagainya. Dan biasanya bagian dari kata pengantar ini terletak pada halaman awal.

Meskipun sering di terapkan di berbagai karya tulis terutama skripsi, masih ada sebagian orang yang merasa kesulitan dalam menulis kata pengantar. Secara umum, keberadaan karya ilmiah ini dibuat secara singkat dan padat yang intinya tentang ungkapan ras bersyukur karena telah menyelesaikan karya tulis. Tak hanya itu, kata pengantar juga berisikan tentang berbagai ucapan terima kasih kepada pihak yang membantu dalam menyelesaikan karya tulis tersebut.

Sebaiknya penyusunan kata pengantar dilakukan dengan baik karena pada bagian inilah para pembaca bisa memberikan kesan mereka terhadap karya yang dibuat tersebut. Secara umum, kata pengantar dalam skripsi merupakan paparan umum atau pandangan yang di tulis secara singkat dan jelas yang mempunyai fungsi sebagai pendahuluan pada isi sebuah tulisan tentang ungkapan rasa syukur dan pihak yang membantu.

Oleh karena itu, kalimat yang di gunakan dalam kata pengantar harus mudah di mengerti, padat, singkat dan tidak bertele-tele. Umumnya, kata pengantar ini berisi hanya satu hingga 2 halaman saja. Tak hanya itu, sebisa mungkin kata pengantar yang dibuat harus semenarik mungkin supaya pembaca merasa tertarik untuk membaca bagian selanjutnya.

Cara membuat kata pengantar skripsi yang baik dan benar

Untuk bisa membuat kata pengantar karya tulis skripsi memang cukup mudah. Namun, terdapat beberapa hal penting yang harus di perhatikan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa mengikuti beberapa point penting untuk bisa membuat kata pengantar skripsi yang tepat.

  • Kata pengantar diawali dengan kalimat pujian kepada Tuhan Yang Maha Esa seperti ungkapan syukur karena telah memberikan kesempatan untuk bisa menyelesaikan karyanya dengan baik.
  • Memberikan gambaran karya tulis yang di buat secara ringkas dan terperinci. Dan jangan lupa pula untuk menuliskan tujuan dari dibuatnya karya tulis yang anda buat tersebut.
  • Mengucapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses pembuatan skripsi tersebut. Misalnya dukungan dari para keluarga, teman, kerabat serta kepada para pihak yang telah mempunyai peran dalam pembuatan karya ilmiah.
  • Kata pengantar juga harus memuat harapan dari penulis pada karya yang telah di hasilkan. Sebagai contoh harapan skripsi yang telah dibuat bisa bermanfaat untuk orang yang membacanya
  • Untuk bagian yang terakhir yaitu permintaan maaf kepada berbagai pihak apabila masih adanya kekurangan dalam pembuatan karya yang dibuat tersebut. Jangan lupa, anda juga perlu menuliskan untuk memberikan kritik dan saran dari pembacanya.

Itulah beberapa hal penting yang perlu di perhatikan tentang Cara Membuat Atau Menyusun Kata Pengantar Skripsi. semoga artikel dari ayoksinau.com bisa bermanfaat. Selamat mencoba.

Baca juga artikel lainnya :