Bingung Saat Membuat Daftar Pustaka? Inilah Contoh Daftar Pustaka Yang Baik Dan Benar

Posted on

Bingung Saat Membuat Daftar Pustaka? Inilah Contoh Daftar Pustaka Yang Baik Dan Benar

Tentu Anda sudah sering mendengar istilah plagiat bukan? Plagiat bisa terjadi jika penulis tidak mencantumkan nama sumber asli dari sumber atau bahan tulisan yang sudah dibuatnya. Dalam dunia perkuliahan dan dunia sekolah pun bisa terjadi masalah yang seperti ini jika tidak bisa mencantumkan nama sumber referensi dari karya ilmiah atau makalah yang dibuat dengan benar dan baik.

Untuk membuat daftar pustaka sebenarnya tidak terlalu sulit, Anda bisa mencari contoh daftar pustaka di internet atau bisa dari buku. Meskipun terkesan mudah nyatanya masih ada yang kesulitan dalam menerapkan cara menulis daftar pustaka yang benar di dalam bagian akhir tulisannya. Tanda baca dan juga urutannya menjadi salah satu hal yang dinilai sulit.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penulisan daftar pustaka jika sumber tersebut dari buku. Namun hal yang harus diperhatikan adalah tanda bca dan juga urutannya. Berikut adalah cara dan juga contoh daftar pustaka

  1. Nama

Untuk contoh daftar pustaka dalam penulisan nama harus ditulis paling depan atau paling awal. Namun nama belakang harus ditulis terlebih dahulu baru setelah itu nama depan. Kemudian diikuti dengan tanda baca koma (,), setelah itu cantumkan nama depan dan juga nama tengahnya penulis buku tersebut.

  1. Tahun terbit

Untuk membuat contoh daftar pusta yang kedua pada bagian tahun terbit diletakkan setelah nama penulis dari buku yang Anda ambil sebagai referensi.

  1. Judul buku

Tulis judul buku yang menjadi referensi Anda dengan ditulis secara lengkap. Namun yang harus anda perhatikan adalah tulisan judul buku harus menggunakan huruf miring atau italic.

  1. Kota dan juga nama penerbit

Bagian terakhir setelah judul buku adalah cantumkan kota penerbitan buku tersebut kemudian diikuti dengan nama penerbit yang mengeluarkan dan mencetak buku tersebut. yang perlu anda ingat adalah dahulukan nama kota, baru setelah nama kota diikuti dengan nama penerbit yang  harus dibatasi dengan tanda baca titik dua (:)

Hal-hal yang sangat penting dan harus selalu anda perhatikan adalah penggunaan tanda baca pada setiap akhir penulisan nama, kota terbit, judul buku, tahun terbit dan juga nama penerbit. Jangan sampai salah meletakkan tanda baca pada setiap akhir bagiannya.

Berikut adalah contoh daftar pusta yang benar dari buku

Judul buku: cerita nabi-nabi yang menyentuh hati

Penulis: Zulva Rusliana

Penerbit: Indonesia

Kota penerbit: Wonosobo

Tahun terbit: 2008

Kemudian baru diterapkan dengan cara-cara yang sudah diulas di atas, yaitu sebagai berikut

Rusliana, Zulva. 2008. Cerita nabi-nabi menyentuh hati. Wonosobo: Indonesia.

Mudah bukan cara menulis daftar pustaka dengan cara yang sudah diulas di atas? yang di beri judul Bingung Saat Membuat Daftar Pustaka? Inilah Contoh Daftar Pustaka Yang Baik Dan Benar Anda bisa menulisnya dengan memperhatikan dan melihat contoh daftar pustaka di atas yang sudah benar. Semoga artikel dari ayoksinau.com bisa membantu dan bermanfaat.

Baca juga artikel kami selanjutnya :