“Bilangan Rasional” Pengertian, Jenis dan Contohnya Terlengkap

Posted on

“Bilangan Rasional” Pengertian, Jenis dan Contohnya Terlengkap

Bilangan rasional merupakan bilangan yang bisa dinyatakan sebagai a/b dimana a/b bilangan bulat dan b tidak sama dengan 0. Batasan bilangan rasional yaitu mulai dari selanga. Bilangan dibagi menjadi dua yaitu bilangan rasional dan irasional. Bilangan rasional meliputi bilangan asli, bilangan bulat, bilangan prima, bilangan cacah, dan bilangan lain yang subset dengan bilangan rasional.

Contoh bilangan rasional :

Apabila a/b = c/d maka, ad = bc

a/b + c/d = ad + bc / bd

a/b . c/d = ac / bd

Contoh bilangan rasional

  • (a/b) = -a/b = a / -b dan (a/b)-1 = b/a jika a tidak sama dengan 0
  • a/b : c/d = ad / bc

Bilangan rasional yakni bilangan yang bisa dinyatakan dalam bentuk a/b dengan a serta b adalah anggota bilangan bulat. Bilangan ini bisa dinyatakan dalam pecahan dan desimal. Banyak orang beranggapan bahwa bilangan desimal itu ada komanya, padahal tidak selalu seperti itu. Penulisan bilangan tunggal misalnya 7 juga merupakan penulisan desimal. Karena tanda koma digunakan untuk hasil pembagian dua buah bilangan yang mempunyai sisa ataupun guna keperluan ketelitian serta keperluan penulisan angka penting.

Contoh bilangan rasional yaitu 2, 0.25, ¾, 1.333.. dan masih banyak lagi. Bilangan tadi merupakan anggota himpunan bilangan rasional sebab dapat dinyatakan dalam bentuk pecahan dan masing-masing pembilang serta penyebutnya adalah anggota bilangan bulat.

Bilangan 2 dapat dikatakan dalam bentuk pecahan 2/1, 0.25 menjadi ¼. Bilangan ¾ jelas berbentuk pecahan dengan 3 sebagai pembilang dan 4 sebagai penyebut dan keduanya adalah bilangan bulat. Bilangan 1.333 juga disebut bilangan rasional sebab dapat dinyatakan dalam pecahan 4/3.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai operasi bilangan rasional, maka harus pahami dahulu bagaimana cara mengubah penulisan bilangan rasional ke desimal juga sebaliknya.

Mengubah pecahan ke desimal

Mengubah pecahan ke desimal bisa dilakukan dengan pembagian bersusun. Untuk pecahan dengan penyebut membagi habis bilangan kelipatan 10 caranya yaitu dengan mengalikan pembilang dan penyebut. Perhatikan contoh:

3/5 = 3/5 x 2/2 = 6/10 = 0,6.

3/5 mempunyai penyebut 5 dan membagi habis bilangan kelipatan 10. Guna menghasilkan bilangan kelipatan 10 pada penyebut perlu mengali bilangan 5 dengan 2. Pembilangnya juga perlu dikali dengan bilangan 2 maka akan didapat 6/10. 10 menunjukkan banyak angka di belakang koma, sebab 10 adalah kelipatan ke 1 dari 10 maka angka di belakang koma pada desimal sebanyak satu angka. Pembilang pecahan tersebut yaitu 6, karena angka 6 hanya memiliki satu angka maka 6 menjadi satu-satunya angka di belakang koma.

Demikianlah yang dapat Anda ketahui mengenai contoh bilangan rasional dari ayoksinau.com. Semoga informasi contoh bilangan rasional bisa bermanfaat.

Baca Juga :