Batas Wilayah Laut Indonesia Yang Sudah Di Akui Dunia | Ayoksinau.com

Posted on

Batas Wilayah Laut Indonesia – Pada Pembahasan kali ini ayok sinau akan membahas tentang batas-batas wilayah laut di Indonesia yang sudah ditetapkan oleh hukum Internasional. Batas yang telah ditetapkan oleh hukum laut Internasional terdapat 3. Sebelumnya, apakah kalian sudah pernah ada yang tau batas-batas wilayah laut yang ada di Indonesia ?

gambar Batas Wilayah Laut Indonesia

Nah apabila kalian belum mengerti atau belum tau batas-batas wilayah laut yang telah di tetapkan oleh Hukum Internasional. Berikut penjelasannya

Batas Wilayah Laut

Bagi negara meritim seperti negara Indonesia, batas laut merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk disepakati aturannya secara bersama-sama antar wilayah, daerah dan juga negara. Karena hal tersebut juga menyangkut kekayaan alam yang ada didalamnya dan kedaulatan dalam suatu negara.

Walaupun pada kenyataannya, sampai saat ini masih sering saja terjadi permasalahan-permasalahan dalam penentuan batas wilayah laut dengan negara tetangga seperti negara Malaysia, yang sebenarnya PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) telah menetapkan suatu Hukum Laut Internasional yang dikenal dengan UNCLOS (United Nation Convention on The Law of The Sea) di Jamaika pada tahun 1982.

Menurut aturan tersebut, batas wilayah laut Indonesia meliputi 3 batas, diantaranya batas landas kontinen batas teritorial dan batas ekonomi eksklusif (ZEE).

A. Batas Landas Kontinen

Dari garis pantai kearah lautan yang sejauh 200 m, dasar lautnya menurun secara perlahan-lahan dan masih menunjukkan ciri-ciri dari sebuah benua. Pada daerah tersebut sering dikenal dengan nama Landas Kontinen yang merupakan batas dasar laut yang paling tepi. Laut yang ada, diatasnya berupa laut dangkal yang memiliki kedalaman sekitar kurang dari 200 meter.

Batas Landas Kontinen tentunya tidaklah sama. Tetapi, walau demikian, jarah terjauh sekitar 200 mil dari garis dasar yaitu garis khayal yang menghubungkan antara titik-titik dari ujung-ujung terluar pulau.

Negara yang menguasai batas lantas kontinen memiliki hak untuk memanfaatkan sumber daya alam yang terdapat didalam atau pada suatu wilayah tersebut.

Baca juga :

B. Batas Laut Teritorial

Batas wilayah laut teritorial Indonesia adalah sejauh 12 mil. Batas tersebut telah ditarik dari garis dasar dari pulau-pulau terluar dari wilayah Indonesia. Laut yang terletak didalam garis dasar tersebut disebut dengan laut pedalaman.

Pada wilayah laut teritorial, suatu negara memiliki kedaulatan secara penuh. Walaupun demikian, negara yang bersangkutan tetaplah harus menyediakan jalur pelayaran lalu lintas yang damai, baik itu diatas permukaan ataupun dibawah permukaan air.

C. Zone Ekonomi Ekslusif

Jenis wilayah atau zone laut yang lainnya menjadi hak dari suatu Negara adalah Zone Ekonomi Ekslusif (ZEE) yang merupakan wilayah laut dengan laut sejauh 200 mil dari garis dasar ke arah laut bebas dari sebuah negara kepualauan.

Dalam zone tersebut, suatu negara memiliki hak ataupun berdaulat atas ekploitasi atau eksplorasi, konservasi dan pengelolaan sumber daya alamnya, baik hayati ataupun non hayati yang ada di laut maupun dibawah dasar laut.

Suatu negara yang bersangkutan memperoleh kesempatan pertama dalam pemanfaatan. Namun demikian, negara tersebut memiliki kewajiban juga untuk menghormati lalu lintas yang damai di lautan tersebut.

Itulah ulasan mengenai batas wilayah laut indonesia semoga bisa bermanfaat untuk anda. kunjungi terus ayoksinau.com untuk informasi lainnya.

Baca juga artikel di bawah ini :