Bagian-Bagian Bungan Lengkap Beserta Fungsinya | Ayoksinau.com

Posted on

Bagian bagian Bunga – Pada pembahasan kali ini kita akan sama-sama membahas tentang bagian bagian yang ada pada bunga. Sudahkah kalian tahu bagian-bagian yang ada pada bunga? Lalu bunga apa yang paling sering kalian jumpai disekitar kalian? Bunga sangatlah bermacam-macam, ada yang memiliki komponen yang lengkap ada juga jenis bunga yang hanya memiliki beberapa komponen saja. Dan untuk lebih jelasnya kita akan membahas bagian-bagian pada bunga serta variasi macam bunga.

Bagian Bagian Bunga

gambar bagian-bagian bunga

Bagian-bagian pada bunga meliputi meliputi perhiasan dan alat kelamin pada bunga.

1. Perhiasan Bunga

Perhiasan bunga merupakan bagian dari bunga yang berbentuk lembaran seperti daun. Pada umumnya perhiasan bunga meliputi mahkota bunga dan kelopak bunga. Mahkota bunga terletak pada lingkaran dalam, biasanya berwarna-warni. Mahkota bunga yang memiliki warna-warni berfungsi untuk menarik serangga penyerbuk. Selain dari itu mahkota bunga berguna sebagai pelindung benang sari dan putik dan sebagai tempat hinggap serangga yang akan menghisap madu.

Tetapi terkadang mahkota bunga dengan kelopak bunga tidak dapat dibedakan. Adanya perhiasan yang dimekian disebut dengan tenda bunga.

Beberapa contoh bunga yang memiliki tenda bunga yaitu bunga pisang, bunga cempaka gading dan bunga kembang sungsang.

Pada perhiasan bunga sendiri ada yang terdiri dari bagian yang dipisah-pisah yang berupa helaian yang lepas-lepas. Ada juga yang pada pangkalnya atau keseluruhan bagiannya bersatu.

2. Alat Kelamin Bunga (Alat Perkembangbiakan)

Bagian kelamin bunga terdiri dari alat pembiakan jantan yang disebut dengan benang sari dan alat pembiakan betina yang disebut dengan putik. Bagian dari benang sari biasanya akan terletak pada lingkaran sebelah luar putik.

A. Benang Sari

Bagian-bagian pada benang sari terdiri dari kepala sari dan tangkai sari. Didalam kepala sari terjadilah pembentukan yang disebut dengan serbuk sari.

Benang sari pada beberapa bunga tidaklah sama panjang. Misalnya pada bunga buncis, turi dan pada kacang tanah yang memiliki benang sari berjumlah sepuluh yang terpisah menjadi 2.

Satu benang sari terpisah sedangkan sembilan lainnya bersatu.

Pada bunga sepatu, seluruh tangkai benang sari berlekatan dengan membentuk tabung tangkai sari yang mengelilingi. Pada bagian tangkai sari yang tidak berlekatan sangat pendek yang letaknya diujung dan mendukung tangkai sari.

Baca juga :

B. Putik

Putik pada umumnya terletak pada bagian tengah bunga dan dikelilingi oleh banyak benang sari.

Bagian-bagian pada putik yaitu kepala putik, tangkai putik dan bakal buah.

Pada bakal buah terletak paling dekat dengan dasar bunga. Bakal buah memiliki bentuk yang bervariasi.

Pada dasarnya bakal buah memiliki bentuk yang erat dengan buah yang akan terbentuk.

Bakal buah berisi satu atau lebih bakal biji. Yang didalam bakal biji terkandung lembaga yang terdiri dari beberapa sel.

Variasi Macam Bunga

pada bunga akan dapat dikelompokkan berdasarkan kelengkapan bagian-bagian bunga dan berdasarkan kelengkapan aalat kelamin pada bunga.

1. Kelengkapan Berdasarkan Bagian Bunga

Berdasarkan kelengkapan bagian bunga, maka dapat dikelompokkan menjadi beberapa diantaranya yaitu perhiasan bunga dan alat kelaminnya yang kemudian dikelompokkan lagi menjadi bunga lengkap dan bunga tak lengkap.

A. Bunga Lengkap

Bunga dapat dikatakan sebagai bunga lengkap apabila terdapat kelopak, mahkota, benang sari dan putik.

Contoh bunga lengkap diantaranya adalah bunga tembakau, bunga sepatu, bunga mawar, bunga melati.

Pada bunga lengkap pasti memiliki dua alat kelamin, maka dari itu disebut dengan bunga berkelamin ganda (hermafrodit). Tetapi bunga yang berkelamin ganda atau berkelamin lengkap belum tentu dapat dikategorikan sebagai bunga lengkap.

B. Bunga Tak Lengkap

Bunga dapat dikatakan sebagai bunga tak lengkap apabila tidak memiliki salah satu atau beberapa bagian pada bunga, baik itu perhiasan bunga atau kelamin bunga. Bunga yang tak lengkap dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu.

  • Perhiasan bunga tak lengkap, dikarenakan tidak memiliki kelopak atau mahkota. Bunga yang tidak memiliki perhiasan bunga dapat dikatakan sebagai bunga telanjang.
  • Alat kelamin yang tak lengkap. Apabila bunga hanya memiliki satu alat kelamin, maka dikatakan dengan bunga berkelamin tunggal, yang terdiri dari bunga jantan dan bunga betina. Contohnya yaitu bunga mentimun dan bunga salah. Dan apabila bunga tidak memiliki alat kelamin disebut dengan bunga mandul, seperti bunga pita pada bunga matahari.

2. Berdasarkan Kelengkapan Alat Kelamin

Jika ditinjau dari alat kelamminnya, bunga dapat dibedakan menjadi bunga sempurna dan bunga tidak sempurna.

A. Bunga Sempurna

Buka akan dikatakan sebagai bunga sempurna apannila memiliki dua alat kelamin, yaitu putik dan benang sari. Perhiasan bunga yang berupa kelopak dan mahkota tidak selalu harus ada pada bunga sempurna.

B. Bunga Tidak Sempurna

Bunga akan dikatakan sebagai bunga tidak sempurna apabila memiliki salah satu macam alat kelamin, benang sari saja atau  putik saja.

Pada tumbuh-tumbuhan dengan bunga berjenis kelamin tunggal, bunga jantan ataupun bunga betina yang terdapat pada satu tumbuhan dan ada juga yang terdapat pada dua tumbuhan.

Apabila bunga jantan dan bunga betina terdapat pada satu tumbuhan maka disebut dengan tumbuhan berumah satu atau (monoesis). Contohnya yaitu bunga jagung dan bunga pada mentimun.

Selain bagian-bagian bunga yang telah dijelaskan diatas, masih terdapat juga bagian bunga yaitu brakte atau pelindung. Brakte letaknya pada bagian luar bunga. Brakte akan melindungi bunga pada waktu masih muda.  Ada juga brakte yang dilindungi oleh kumpulan brakte seperti contohnya golongan bunga aster.

Itulah ulasan mengenai bagian-bagian pada bunga semoga bisa menambah wawasan dan bisa bermanfaat untuk anda. kunjungi terus ayoksinau.com

Baca juga artikel di bawah ini :