Asal Usul Dan Sejarah Borobudur Yang Perlu Anda Tahu

Posted on

Asal Usul Dan Sejarah Borobudur – Tidak banyak orang yang tahu bagaimana sesungguhnya sejarah Borobudur dan asal usulnya yang bangunannya sampai sekarang bisa Anda lihat. Namun tidak sedikit juga orang yang ingin mengetahui dan tertarik dengan sejarah Borobudur, bagaimana candi semegah itu bisa terbentuk, alasan mengapa pembangunan candi Borobudur itu dan sejak kapan pembangunan candi tersebut. Hingga kisah-kisah dibalik kokoknya bangunan candi yang merupakan candi Budha yang terletak di tanah Jawa.

Sekilas tentang sejarah Borobudur dan asal usulnya

gambar borobudur
Borobudur

Candi Borobudur merupakan salah satu candi Budha yang terletak di Kecamatan Borobudur dan masuk di Kabupaten Magelang. Letaknya sendiri yaitu sekitar kurang lebih 15 km dari arah selatan kota Magelang. Candi Borobudur ini terletak di daratan yang berbukit-bukit dan hampir seluruh kawasannya dikelilingi oleh gunung yakni ada gunung Merbabu di sebelah timur, gunung Sumbing sebelah selatan, gunung Merapi sebelah Barat laut dan gunung Sindoro yang berada di sebelah utaranya.

Perkiraan berdirinya Borobudur dan asal usulnya

Para ahli sejarawan memperkirakan bahwasannya Candi Borobudur yang megah tersebut sudah didirikan sejak tahun 800 Masehi. Perkiraan tersebut didasari oleh sebuah penemuan tentang tulisan yang dipahat di pigura asli relief kaki candi Borobudur (Karwa Wibhangga).  Tulisan tersebut menggunakan suatu huruf pallawa, dimana huruf pallawa ini diperkirakan merupakan huruf yang sudah digunakan dari abad ke 8 Masehi.

Perkiraan akan sejarah Borobudur tersebut semakin kuat dengan adanya kecocokan sebuah bukti dimana bukti tersebut terkait dengan sebuah kerangka akan sejarah Indonesia secara garis besar dan umum.

Abad ke 8 Masehi memang merupakan abad dimana Wangsa Syailendara sedang berjaya, yakni merupakan Wangsa kerjaan agama Budha. Selain itu banyak juga ditemukan candi-candi kecil yang mengitari candi Borobudur ini yang memang sudah diidentifikasi merupakan beberapa peninggalan wangsa Syailendra yang termasuk penganut agama Budha Mahyana.

Baca juga :

Asal usul penemuan Borobudur

Setelah candi megah itu dibangun, ada beberapa prasasti yang menyebut jika candi Borobudur ini digunakan sebagai tempat ziarah dan ibadah oleh orang-orang Budha pada masa itu. Namun penggunaan candi megah ini berlangsung hanya dalam waktu singkat, yaitu diperkirakan sekitar 150 tahun.

Singkat ceritanya, candi megah ini memang digunakan tidak sesuai dengan lamanya proses pembangunannya. Hal tersebut terbukti dengan adanya migrasi besar-besaran dari orang Budha yang tinggal di sekitar candi Borobudur disebabkan karena Wangsa Syailendra runtuh. Para orang-orang Budha terdesak oleh keberadaan para orang-orang hindu yang memang secara jumlah lebih banyak.

Penemuan kembali candi megah Borobudur

Orang-orang tidak pernah tahu jika di bawah tanah yang diinjak oleh kaki-kaki mereka terdapat sebuah candi yang megah peninggalan nenek moyang mereka terdahulu. Namun keadaan menjadi berubah setelah tahun 1814 Masehi, Sir Thomas Stamford Rafles yang merupakan Gubernur Jendral Inggris yang pada waktu itu memimpin Indonesia pada masa peralihan dari Negara Belanda ke Inggris menemukan kembali puing-puing batuan yang berusia tua dalam jumlah yang sangat banyak di sekitar kawasan tersebut.

Nah gimana sekarang sudah tau kan Asal Usul Dan Sejarah Borobudur, untuk informasi lainnya tetap kunjungi terus ayoksinau.com

Baca juga artikel terkait :