Apa Itu Bahagia? | Ayoksinau.com

Posted on

Pengertian Bahagia – Setiap orang pasti ingin bahagia. Termasuk Anda, kami dan jutaan manusia lainnya di muka bumi ini. Ketika anda bertanya kepada setiap orang, “Apakah yang ingin anda dapatkan dalam kehitupan anda?”. Kebanyakan dari beberapa orang yang Anda tanya, salah satu jawabannya pasti adalah “Saya ingin bahagia”.

Pertanyaan lain yang akan muncul selanjutnya adalah “Apakah Anda sudah bahagia?”. Tentunya orang yang ditanya dengan kata-kata itu akan ada yang menjawab “Saya sudah cukup bahagia”, “Saya masih kurang bahagia”, dan “Sampai saat ini saya belum merasa bahagia”.

Kemudian, pertanyaan terpenting saat ini adalah bahagia itu apa sih? Nah, kenapa kita harus tahu arti dari bahagia itu? Karena dengan mengerti arti kata tersebut maka kita akan bisa mencapai kata bahagia itu. Seperti halnya saat kita ingin menuju ke suatu tempat, tentu terlebih dahulu kita harus mengetahui alamatnya terlebih dahulu, baru kemudian kita mencari jalan ke tempat itu. Dengan perumpamaan itu sama halnya ketika kita ingin bahagia kita harus tahu dulu arti bahagia itu apa.

Baiklah pada kesempatan kali ini Ayoksinau.com akan mencoba menjelaskan apa itu bahagia.

Apa ini yang dinamakan bahagia?

Bahagia Itu Apa Sih Menurut Kalian?

Beberapa orang berpendapat dengan mendefinisikan bahagia itu seperti ini:

Memiliki istri yang cantik, anak-anak yang soleh dan soleha, mobil mewah dan rumah mewah.

Lalu, bagaimana jika orang tersebut tidak mendapati hal tersebut? Apakah berarti Ia tidak bahabila tak mendapati hal yang diinginkan di atas, apakah berarti orang ini menjadi tidak bahagia?.

Kemudian ada beberapa orang yang menyatakan bahwa definisi bahagia itu adalah:

  • Hidup tentram serta tidak memiliki banyak masalah.
  • Mendapatkan seseorang yang dicintainya dan yang mencintainya seumur hidup.
  • Menjadi dirinya sendiri.
  • Bebas melakukan sesuatu tanpa ada yang membatasi.
  • Terlepas dari stres.

Berdasarkan beberapa pendapat tersebut, dapat disimpulkan bahwa setiap orang memiliki definisi bahagia yang berbeda-beda sesuai pandangan mereka masing-masing. Bahagia untuk seseorang tidak berarti bahagia juga untuk orang lain. Begitu juga sebaliknya.

Bahagia adalah salah satu kata yang paling sering diucapkan ketika kita ditanya tentang rasa apa yang paling diinginkan, tentu kita ingin bahagia bukan?

Akan tetapi dalam kenyataannya, bahagia itu sangatlah tidak mudah untuk bisa dicapai terutama bagi orang-orang yang tidak mengerti arti kata bahagia yang sesungguhnya.

Lalu Sebenarnya Bahagia Itu Apa?

Belum ada yang dapat mengartikan secara tepat apakah bahagia itu, karena arti kebahagiaan itu berbeda-beda untuk setiap manusia, Hal ini dikarenakan adanya perbedaan antara cara berpikir dan kosep dari setiap manusia dalam menjalani hidup.

Berikut adalah beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian bahagia:

  • Menurut Mahatma Gandi, Kebahagiaan adalah saat apa yang Anda pikirkan dan apa yang Anda katakan itu berjalan sesuai harapan.
  • Menurut Wayne Dyer, Kebahagiaan adalah sesuatu yang berasal dari cara Anda berpikir.
  • Menurut Aristotle, Kebahagiaan adalah makna dan tujuan hidup, keseluruhan tujuan dan akhir eksistensi manusia.

Berdasarkan beberapa pendapat para ahli diatas, Ayoksinau.com mencoba menyimpukan bahwa bahagia itu adalah suatu keadaan puas dari diri kita, ketika kita mendapatkan apa yang kita harapkan. Harapan setiap orang tentunya pasti berbeda-beda, ada yang berharap memiliki harta yang melimpah, ada yang berharap memiliki istri yang cantic dan soleha, ada yang mengharapkan memiliki perusahaan sendiri, dan masih banyak harapan-harapan lain tentunya.

Pada hakekatnya, sekecil apapun yang kita harapkan jika itu dapat tercapai maka akan kita akan merasa bahagia. Dan pada saat apa yang kita harapkan tidak dapat terwujud atau tidak dapat terlaksana, maka akan timbul rasa kekecewaan pada diri kita.

Seorang pepatah berkata seperti ini, jangan pernah kamu jadikan bahagia itu sebagai alasan kita untuk dapat selalu tersenyum. Tapi selalu senyumlah agar kita selalu bahagia.

Dan perkatan itu memang sangat tepat, bahwa kita harusnya selalu tersenyum karna ketika kita sedang tersenyum pasti kita sedang merasa bahagia.

Percaya atau tidak, bahagia itu ialah sugesti. Yang mana sugesti yang bersifat negatif akan membuat kita merasa tidak bahagia. Beda halnya dengan sugesti yang positif atau yang baik, tentu akan mebuat kita selalu merasa bahagia.

Intinya ialah selalu belajar bersyukur dan selalu menerima semua hal yang terjadi dan semua hal yang kita miliki. Karena setiap orang itu memiliki porsi atau jatah kebahagiaan yang berbeda-beda.

Oleh karena itu mari kita belajar untuk selalu tersenyum agar kita selalu diberi kebahagiaan serta selalu tanamkan sifat atau rasa bersyukur pada diri kita agar kita selalu merasa bahagia. Sekaya apapun kita jika kita tidak pernah bersyukur maka kita tidak akan pernah merasa puas dan tidak akan pernah merasa bahagia.

Ayoksinau.com mewakili sebagian besar pertanyaan orang-orang, ingin ikut juga mencari apa itu arti bahagia. Oleh karena itu, pada halaman blog ini kami ingin mengetahui arti bahagia menurut versi Anda di kolom komentar di bawah. Sehingga kami dapat mengumpulkan banyak pendapat dari para pembaca tentang arti bahagia. Karena bisa jadi arti kata bahagia yang anda tuangkan disini memberikan inspirasi bagi para pembaca yang lain.

Anda juga dapat mengajak siapa saja, baik itu teman, pacar, keluarga ataupun rekan kerja untuk dapat memberikan pendapat kalian tentang arti bahagia pada bagian komentar di bawah ya.

Baca juga artikel-artikel menarik berikut ini:

Pengertian Disiplin Menurut Para Ahli, Pendisiplinan, Macam-Macam Disiplin, dan Manfaat Disiplin

Pengertian Sosial, Cakupan Sosial dan Faktor-Faktor Sosial | Ayoksinau.com

12 Dampak Kebakaran Hutan Yang Sangat-Sangat Merugikan Sekali | Ayoksinau.com

Pengertian Lengkap Seleksi Alam & Contoh | Ayoksinau.com