Pengertian Lengkap & Macam-Macam Adaptasi Tingkah Laku | Ayoksinau.com

Posted on

Adaptasi Tingkah Laku – Pada pembahasan kali ini kita akan sama-sama memahami kelangsungan hidup organisme. Banyak sekali makhluk hidup yang ada disekitar kalian seperti ayam, kucing, sapi dan juga hewan-hewan yang tentunya pernah kalian lihat. Hewan-hewan tersebut telah ada sejak zaman dahulu dan ada hingga saat ini. Nah pada hewan-hewan tersebut sangatlah berkaitan erat dengan adaptasi, kelangsungan hidup. Setelah kita memahani tentang adaptasi fisiologi dan adaptasi morfolofi, Nah pada kali ini kita akan membahas secara jelas mengenai adaptasi tingkah laku pada makhluk hidup.

Pengertian Adaptasi Tingkah Laku

gambar adaptasi tingkah laku

Adaptasi tingkah laku merupakan adaptasi yang berhubungan dengan tingkah atau perilaku makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan hidupnya.

Contoh Adaptasi Tingkah Laku

Setelah mengetahui apa itu adaptasi tingkah laku, maka untuk memperjelas kita  harus mengetahui contoh-contoh dari adaptasi tingkah laku.

Berikut ini akan diuraikan beberapa contoh adaptasi tingkah laku yang ada pada makhluk hidup.

1. Predator

Salah satu contohnya yaitu hewan-hewan predator(karnivora) yang umumnya mampu bergerak dengan cepat. Tetapi mengapa demikian?

Hewan-hewan karnivora harus dapat bergerak cepat dikarenakan mereka harus menangkap dengan mengejar mangsanya.

2. Rayap

Pada bagian rayap yaitu pada ususnya terdapat bagan yang bernama flagellata yang menghasilkan enzim selulasi yang dapat mencerna selulosa.

Anak-anak rayap akan dapat menetas akan menjilati dubur induknya untuk mendapatkan flagellata. Pada rayap yang sudah dewasa ketika berganti kulit, maka rayap tersebut akan memakan kulitnya yang terkelupas untuk mendapatkan flagellata.

Contoh perilaku pada rayap merupakan contoh cari adaptasi tingkah laku.

3. Paus

Berbicara tentang paus, tentunya kalian sudah tidak asing lagi.

Paus bukanlah ikan, tetapi hewan menyusui yang hidup di dalam air. Puas bernafas dengan menggunakan paru-paru, sehingga itulah yang menyebabkan paus akan kembali muncul ke permukaan air untuk bernafas.

Pada saat paus muncul ke permukaan air, paus akan mengeluarkan sisa-sisa pernapasan dan menghirup udara untuk disimpan didalam paru-paru saat paus kembali menyelam didalam air.

Baca juga :

4. Kucing

Siapa yang tidak tahu dengan kucing, kucing merupakan hewan yang sangat dekat dengan manusia. Kucing biasanya mengincar mangsanya, contohnya seperti tikus, cicak, serangga dll  yaitu dengan cara menerkam.

Ketika mangsa yang diincar mulai lengah dan mendekat, maka kucing akan melompat dan mulai menerkam mangsanya.

Tingkah laku yang dilalukan oleh kucing merupakan cara untuk menghemat energinya. Peristiwa tersebut merupakan contoh dari adaptasi tingkah laku pada kucing.

5. Serangga

gambar serangga semut

Pada serangga, adaptasi tingkah laku yang ditunjukan yaitu dengan cara menghasilkan bunyi yang sangat nyaring sehingga dapat menarik pasangannya.

6. Ular

Ular sering kita ketahui sering menjulurkan lidahnya, yang tujuannya untuk dapat mengenali bau mangsa yang ada disekitarnya.

7. Tumbuhan

Selain ditunjukkan pada hewan, adaptasi tingkah laku ditunjukkan juga pada tumbuhan salah satunya adalah daun putri malu (Misoca pudica) yang akan dengan segera menutup apabila terdapat sentuhan.

Hal tersebut merupakan adaptasi untuk melindungi diri dari serangan hewan-hewan yang ada disekarnya..

Dengan menutupnya daun, maka hwan herbivora akan kesulitan membedakan antara daun dengan ranting yang berduri.

Selain itu ada juga tumbuhan yang membelokkan tubuhnya ke arah sinar matahari atau datangnya cahaya. Hal tersebut merupakan adaptasi tingkah laku terhadap pengaruh cahaya matahari.

Adaptasi yang ada pada makhluk hidup pada dasarnya merupakan upaya makhluk hidup untuk dapat hidup atau mempertahankan hidup pada lingkungan tempat tinggalnya.

Demikianlah ulasan mengenai adaptasi tingkah laku semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk anda. untuk ulasan lainnya kunjungi terus ayoksinau.com.

Baca juga artikel lainnya :