9 Tugas Manajer Yang Harus Diketahui Oleh Manajer Pemula

Posted on

Pengertian Dan Tugas Manajer

Dalam bidang perbisnisan istilah manajer dan manajemen sering kali disebut. Tidak bisa di bayangkan sebuah perusahaan tidak memiliki manajer dan aktivitas manajemennya.

apakah arti dari istilah kata “manager” ?

Harnold koontz dan Heinz Weihrich adalah dua orang pakar dibidang manajemen menyatakan bahwa manajer adalah mereka yang melaksanakan tugas-tugas dan fungsi-fungsi manajemen pada setiap tingkatan perusahaan jenis manapun juga.

Berikut adalah Tugas-tugas manajer tersebut :

1. Manajer Bekerja Dengan Dan Melalui Orang-Orang Lain.

Istilah orang-orang diatas berarti ada banyak pihak yang harus diajak bekerja oleh seorang manajer bisa saja bawahan, atasan maupun manajer di bidang kerja lain. Dan individu yang ada di luar organisasi misalnya para pelanggan , rekanan, klien dan lain sebagainya.

Tujuannya adalah agar dapat mecapai sasaran-sasaran dalam keorganisasian mereka. Disamping itu para manajer juga bekerja sama guna menetapkan tujuan-tujuan jangka panjang organisasi dan merumuskan bagaimana mencapainya. Maka dari itu dapat kita simpulkan bahwa manajer betugas sebagai penyalur komunikasi didalam organisasi.

2. Bertangung Jawab Dan Dapat Dimintai Pertanggung Jawaban.

Para manajer ditugaskan agar seluruh tuntutan pekerjaan berjalan dengan baik dan berhasi. Sehingga tanggung jawab yang di berikan akan lebih besar ketimbang non-manajer yang ada. Dan manajer biasanya memimpin beberapa bawahan sehingga tindakan yang dilakukan oleh bawahan adalah pertanggung jawaban dari seorang manajer. Jadi tugas manajer bertanggung jawab atas semua aktivitas dalam organisasi tersebut terutama pengendalian karyawan yang di naunginya.

3. Mengimbangi Tujuan Dan Memprioritaskannya.

Menjadi Manajer tentunya memiliki banyak tujuan dalam organisasi demi membangun dan memajukan organisasi yang di pimpinnya maka dari itu para manajer harus bisa memilih mana tujuan yang prioritasnya tinggi dan mana yang prioritas nya rendah. Sehingga pekerjaan bisa terlaksana dengan baik.

4. Berfikir Secara Analitikal Dan Konseptual.

Agar dapat berfikir secara analitikal seorang manajer harus bisa mengurai masalah-masalah yang ada dan kemudian menganalisis sehingga manajer dapat menemukan pemecahan masalah tersebut.

Yang tak kalah penting adalah berfikir konseptual yakni manajer harus bisa menghubungkan tugas tugas nya dengan tugas tugas lainnya. Karena ini bukan hal yang mudah bagi manajer.

5. Sebagai Mediator Dalam Organisasi

Disetiap organisasi  pastilah banyak orang-orang yang memiliki kepentingan, maka akan muncul juga yang namanya ketidaksepakatan. Seorang manajer harus bisa menengahi perselisihan yang terjadi dengan cepat dan tepat agar masalah tersebut tidak menjadi rumit.karna kebanyakan manajer saat ini sulit memposisikan dirinya sebagai mediator. Malah bisa jadi sebagai provokator dalam organisasi.

6. Manajer Merupakan Politisi

Politisi disini bukan berarti berpolitik dengan sebuah partai akan tetapi manajer harus mempunyai hubungan baik dengan mitra diluar organisasi. Untuk membangun jaringan kerja yang lebih luas.

7. Manajer Merupakan Diplomat.

Para manajer pada saat-saa tertentu adalah wakil resmi dari organisasi pada pertemuan formal organisasi.

8. Manajer merupakan Simbol.

Manajer mempersonifikasikan kepada seluruh anggota organisasi secara internal maupun eksternal organisasi atas keberhasilan ataupun kegagalan organisasi tersebut.

9. Membuat Keputusan Sulit

Masalah yang dihadapi oleh organisasi harus juga jihadapi oleh manajer bahkan manajer seringkali berada di barisan depan tetapi dengan begitu manager akan membuat keputusan yang cukup sulit sekalipun keputusannya membuat dirinya malah kerepotan.

Dari uraian tugas manajer diatas kita dapat melihat banyaknya peranan seorang manajer maka para manajer harus pintar menempatkan posisinya sebagai apa dan dalam kondisi seperti apa, kemampuan untuk memahami peranan ini lah merupakan ciri khas seorang manajer yang efektif.

Demikianlah artikel 9 Tugas Manajer Yang Harus Diketahui Oleh Manajer Pemula dari ayoksinau.com semoga artikel ini dapat bermanfaat

Baca Juga :5 Macam Konflik Dan Akibatnya [BESERTA CONTOH]