8 Alat Pernapasan Manusia Beserta Fungsinya (LENGKAP)

Posted on

Pernapasan merupakan proses pengambilan oksigen yang diperlukan untuk oksidasi bahan makanan yang berlangsung di dalam sel dengan hasil akhir yaitu berupa energi. Pengambilan udara dari lingkungannya berbeda-beda untuk dari setiap jenis makhluk hidup. Organ penyusun sistem pernapasan pada setiap makhluk hidup juga berbeda-beda.

Semakin tinggi tingkatan makhluk hidup, maka akan semakin kompleks organ penyusun pernapasannya. Berikut ini merupakan alat-alat pernapasan pada manusia beserta fungsi dan juga penjelasannya.

 

1.Rongga Hidung

Rongga hidung adalah tempat masuknya udara pernapasan. Di dalam rongga hidung terdapat yaitu rambut dan juga selaput lendir yang memiliki fungsi sebagai berikut.

  • Menyaring debu dan kuman-kuman yang masuk bersama udara.
  • Mengatur kelembapan udara yang masuk.
  • Mengatur suhu udara yang masuk agar sesuai dengan suhu tubuh.
  • Vestibulum, yaitu daerah yang berada tepat di belakang hidung.
  • Rongga hidung dapat dibedakan menjadi 3 daerah sebagai berikut.
  • Daerah pernapasan, yaitu daerah uang terbesar dari rongga hidung.
  • Daerah ujung saraf penciuman, yaitu daerah yang berada di bagian atas rongga hidung.

 

2.Faring (Tekak)

Faring terletak sejajar dengan tulang punggung yang panjangnya sekitar 12 sampai 14 cm. Faring ini merupakan persimpangan jalan masuknya udara dan makanan, yaitu persimpangan antara rongga mulut ke kerongkongan dengan hidung menuju tenggorokan.

3.Laring (Pangkal Tenggorokan)

Setelah melalui faring, udara masuk ke laring. Laring merupakan struktur kompleks berbentuk kerucut terbalik yang tersusun dari sembilan tulang rawan dan juga sejumlah besar otot. Tulang rawan yang terdapat pada pintu masuk laring disebut dengan epiglotis, yang berguna untuk menghalangi makanan masuk ke dalam rongga hidung dan juga ke dalam tenggorokan ketika menelan makanan.

 

4.Trakea (Batang Tenggorokan)

Trakea ini merupakan saluran jalan napas yang terdiri atas gelang-gelang tulang rawan. Trakea letaknya di depan kerongkongan dengan panjang kurang lebih 10 cm.

Dinding trakea terdiri atas 3 lapis diantaranya yaitu.

  1. Lapisan luar terdiri atas jaringan ikat.
  2. Lapisan tengah terdiri atas otot polos dan juga cincin tulang rawan.
  3. Lapisan terdalam terdiri atas jaringan epitel bersilia.

 

5.Bronkus

Bronkus adalah saluran penghubung antara tenggorokan dan paru-paru yang tersusun atas tulang rawan yang berbentuk cincin dan berfungsinya sebagai tempat lalu lintas udara pernapasan. Bronkus jumlahnya sepasang, yang satu menuju ke paru-paru kanan dan yang satu nya menuju ke paru-peru kiri.

 

6.Bronkiolus

Bronkiolus ialah cabang dari bronkus. Bronkus sebelah kanan bercabang menjadi tiga bronkiolus, sedangkaan bronkus sebelah kiri bercabang menjadi dua bronkiolus. Pada bronkiolus dindingnya lebih tipis dan juga salurannya lebih kecil.

7.Alveolus

Alveolus adalah saluran akhir dari alat pernapasan yang berupa gelembung-gelembung udara. Dindingnya tipis, lembap, dan juga berlekatan erat dengan kapiler-kapiler darah. Alveolus terdiri dari satu lapisan sel epitelium pipih. Pada alveolus terjadi pertukaran O2 dari udara bebas ke sel-sel darah dengan CO2 dari sel-sel darah ke udara bebas.

 

8.Paru-paru

Paru-paru ialah organ pernapasan utama pada manusia. Paru-paru letaknya di dalam rongga dada dan berjumlah sepasang, yaitu paru-paru kanan dan juga paru-paru kiri. Paru-paru kanan terdiri atas tiga lobus. Paru-paru dibungkus oleh selaput paru-paru yang disebut pleura. Di antara pleura dan juga paru-paru terdapat cairan limfa yang berfungsi sebagai melindungi paru-paru dari gesekan pada waktu kontraksi dan juga relaksasi.

Itulah tadi artikel dari ayoksinau.com mengenai 8 Alat Pernapasan Manusia Beserta Fungsinya (LENGKAP), semoga bermanfaat.

baca juga artikel dibawah ini;