60 Alat Musik Tradisional Indonesia ( Daerah Asal, Gambar dan Penjelasan )

Posted on

Alat Musik Tradisional Dari Indonesia

Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang kaya akan kebudayaan terutama di bidang kesenian yang pastinya ada berbagai macam alat musik tradisional dari daerah sabang sampai daerah marauke.

Bagi anda yang ingin tahu seperti apa alat musik tradisional yang ada di Indonesia Kali ini ayoksinau.com akan menjabarkan tentang alat musik tradisional yang ada di Negara Indonesia dengan sedetail mungkin mulai dari nama dan fungsi asal alat musik tradisional. Karena sebagai warga Negara yang baik anda harus mengetahui kebudayaan yang ada di Negara kalian sendiri. Terutama bagi siswa sekolah yang membutuhkan penjelasannya untuk tugas sekolah mata pelajaran kesenian.

Berikut informasi detailnya :

Alat musik tradisional Tradisonal dari daerah Aceh :

1. ARBAB

Arbab merupakan alat musik tradisional yang berasal dari serambi mekah atau aceh yang berbentuk seperti alat musik tradisional biola. Alat musik tradisional ini terbuat dari bahan dasar batok(tempurung) kelapa, kayu, dawai dan kulit kambing dan busurnya dari bahan kayu atau rotan dan serat tumbuhan.

Arbab dimainkan dengan cara di gesek ke dawai yang ada pada arbab dengan busur yang di beri nama go arbab, biasanya arbab dimainkan pada acara hiburan rakyat dan acara kesenian daerah dan acara lainya.

2. BANGSI ALAS

Bangsi alas merupakan alat musik tradisional dari aceh tenggara yang dimainkan degan cara ditiup an terbuat dari bambu yang ukurannya berkisar antara 40 cm -41 cm dan berdiameter antara 2,8  cm – 3 cm yang terdiri dari 7 buah lubang yang terdapat pada bagian atas bangsi alas dan lubang tersebut ukuran nya semakin ke ujung semakin melebar.

3. SERUNE KALEE

Cara memainkan alat musik tradisional ini sama seperti bangi alas yakni dengan cara ditiup dan berasal dari daerah yang sama juga yakni dari aceh, serune kalee memiliki lubang yang digunakan untuk mengatur nada yang dikeluarkan oleh alat musik tradisional tersebut.

4. TAMBO

Alat musik tradisional yang berbentuk beduk ini berasal dari aceh juga yang terbuat dari bahan batang pohon iboh dan kulit sapi sedangkan penguat kulit yang terpasang menggunakan rotan, alat musik tradisional ini dimainkan dengan cara di pukul dan berfungsi sebagai pengingat waktu solat.

Alat musik tradisional Tradisonal dari daerah Sumatra Utara :

5. GERANTUNG

Alat musik tradisional dari Sumatra utara yang terbuat dari kayu dan memiliki beberapa bagian nada, geratung digunakan dengan cara di ketuk oleh dua buah stik dengan tangan kanan dan kiri, alat musik tradisional ini digunakan  untuk mengatr ritme lagu atau melodi yang di klasifikasikan dalam jenis xylophone.

6. FARITIA

Faritia merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari bahan dasar logam atau kuningan bentuknya bulat sama seperti gamelan daerah jawa biasanya dameter berukuran 23 cm dan memilki teabl 4 cm pada bagian tengah menonjol.  Cara menggunakannya dipukul dengan alat yang diberinama smalambuo dari bahan kayu klasifikasi alat musik tradisional ini adalah idiophone.

7. GORDANG SAMBILAN

Klasifikasi alat musik tradisional ini adalah membranophone yang berasal dari Sumatra utara tepat nya dari batak mandailing,  sambilan adalah bahasa batak yang berarti Sembilan yang terdiri dari gendang, gong, alat musik tradisional tiup  dan simbal. Alat musik tradisional ini di gunakan dengan cara di pukul dengan beberapa orang biasanya digunakan untuk acara adat tertentu.

8.HAPETAN

Alat musik tradisional sejenis kecapi ini berasal dari daerah tapanuli dan memiliki dawai dengan cara memainkannya di petik nama lain dari hapetan adalah hasapi atau kucapi. Ada juga jenis kecapi seperti ini di temukan di daerah sulawasi dan kalimatan selatan.

Alat musik tradisional Tradisonal dari daerah Sumatra Barat :

8. GANDANG

Atau biasa disebut gendang minang bentuknya sama seperti gendang didaerah lain, cara memainkannya di pukul di sisi kiri dan kanan. Hanya saja cara memukulnya yang berbeda dari setiap daerahnya karena jenis irama lagunya pun berbeda. Nama kesenian di daerah padang pariaman yang terpopuler adalag gandang tasa.

9. SALUANG

Alat musik tradisional dari daerah minangkabau yang cara memainkannya ditiup secara bentuk sama seperti seruling dari jawa barat dengan lubang yang di fungsikan sebagai pengatur nada. Yang terbuat dari bambu.

10. TALEMPONG

Talempong merupakan alat musik tradisional berasal dari daerah sumatera barat yang terbuat dari logam dan tembaga cara menggunakan nya dipukul menggunakan alat dari bahan kayu sama perti gamelan dari daerah jawa.

11. PUPUIK TANDUAK

Alat musik tradisional yang unik ini terbuat dari tanduk kerbau cara kerjanya sama seperti terompet, warna nya hitam dan mengkilat alat ini tidak untuk mengiringi tari atau nyanyian hanya sebagai pemberi aba aba saja pada masyarakat minang.

12. PUPUIK BATANG PADI

Sama seperti pupuik tanduak yang digunakan dengan cara ditiup hanya saja bahan yang digunakan untuk membuatnya batang padi dan di lilit dengan janur sehingga suaranya  Melengking unik sehingga allat musik ini selalu digunakan saat upacara adat.

Alat musik tradisional Tradisonal dari daerah Sumatra Selatan :

13. GENGGONG

Genggong merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Sumatra selatan yang lebih tepat nya berasal dari daerah pagar alam. Alat musik tradisional ini digunakan dengan cara ditiup sama seperti harmonica. Genggong terbuat dari kayu, logam dan bambu. Untuk merubah nada yang dikelurakan dengan cara mengolah rongga mulut ketika sedang meniup.

14. GENDANG OKU

Gendang Oku merupakan alat musik tradisional seperti gendang yang memiliki ukuran besar alat musik tradisional ini terbuat dari kulit hewan dan kayu nangka,  bila dibandingkan dengan alat musik tradisional rebana, ukuran Gendang Oku lebih besar. Karena alat musik tradisional ditemukan saat pertama kali didalam adat budaya masyarakat Ogan Komering Ulu atau biasa di singkat OKU, banyak juga orang yang menyebut alat musik tradisional ini dengan nama Burdah.

15. TENUN

Nama nya tenun bukan berarti hanya kain saja tenun diberi nama alat musik tradisional tenun karena alat musik tradisional ini memang pada zaman duku sering digunakan oleh kaum wanita ketika sedang bekerja menenun kain. merupaka Alat musik tradisional yang terbuat dari bahan kayu yang bentuknya persegi panjang, pada bagian tengahnya ada bentuk segitiga berangkai yang apabila dipukul akan menciptakan suara atau nada tertentu. Alat musik tradisional ini adalah sebagai alat musik tradisional hiburan dan penghilang rasa jenuh bagi para wanita yang melakukan aktifitas menenun. Cara memainkannya sangat  mudah yaitu dengan cara dipukul menggunakan alat dari kayu pada bagian-bagian tertentu yang menciptakan rangkaian suara yang berbeda.

16. ACCORDION

Merupakan alat musik tradisional khas Sumatra selatan, alat musik tradisional ini digunakan digendong didepan dengan tangan kanan untuk mengatur nada dan tangan kiri untuk mengatur suara. Memiliki klasifikasi bunyi aerofon.

Alat musik tradisional Tradisonal dari daerah Lampung :

17. GAMOLAN

Gamolan seperti alat musik tradisional gamelan yang ada di daerah Jawa tetapi Gamolan yang terdapat di Lampung ini terbuat dari susunan bambu yang dikutakan dengan senar yang terbuat dengan desain khusus. Alat musik tradisional Gamolan disebut juga dengan nama Gamolan Pekhing / Gamolan Cetik. Cara memainkan nya dipukul seperti gamelan pada umumnya. Biasanya gamolan digunakan pada saat pelaksanaan acara-acara adat tertentu di Lampung.

18. KHADDAP ATAU KOMPANG

Kompang merupakan sejenis alat musik tradisional yang tergolong kategori alat gendang. Kulit yang ada di kompang biasanya dibuat dari bahan kulit kambing. Alat musik tradisional ini awalnya berasal dari Negara Arab, ada juga yang menyebutkan bahwa kompang digunakan untuk menyambut kedatangan Baginda Rasulullah S.A.W. pada zaman itu. ukuran nya bervariasi mulai dari  22.5 cm, 25 cm, 27.5 cm dan ada juga yang 35 cm. Kompang, jika dimainkan secara beregu maka nadanya akan lebih bagus.

19. KERENCENG ATAU TERBANGAN

Kerenceng atau terbangan merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari bahan kulit kambing dan kayu. Kerenceng dilengkapi dengan rotan yang berfungsi untuk meregangkan kulit kambing  agar suaranya lebih baik dan keras.  Alat musik tradisional ini dipergunakan untuk mengiringi suara dalam acara adat.

20. SERDAM

Serdam adalah alat musik tradisional yang digunakan dengan cara ditiup sama seperti suling yang terbuat dari bambu yang agak tipis memiliki lubang empat , letaknya 3 di atas dan 1 di bagian bawah, dudukan tiup di bagian ujung dengan resonansi antara udara pada kulit bambu.

Alat musik tradisional Tradisonal dari daerah Riau :

21. BEBANO

Bebano merupakan alat musik tradisional perkusi yang mendampingi dari suara Bukoba (koba) yaitu tradisi lisan yang biasa ditampilkan pada saat acara pernikahan.

22. GAMBANG CAMAR

Gambang Camar merupakanalat musik tradisional yang terbuat dari bahan kayu dan logam. Alat musik tradisional ini termasuk kategori alat musik tradisional silofon, yang terdapati enam bilah kayu hitam yang diletakan pada rak bersayap dan biasa dimainkan saat acara hari besar agama Islam dan acara hiburan.

24. GAMBUS

Gambus merupakan salah satu alat musik tradisional yang dipetik yang mirip dengan mandolin. Senar pada gambus ini memiliki jumlah antara tiga sampai duabelas senar dan biasanya digunakan untuk mendampingi senandung lagu berirama dari timur tengah. Bahkan ada juga yang menggunakan lirik dengan bahasa Arab ketika  nyanyi dengan diiringi dengan alat musik tradisional gambus.

24. GEDOMBAK

Gedombak merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari kayu, kulit hewan dan rotan. Gedombak sama seperti gendang yang berbentuk seperti piala. Gendang ini digunakan untuk mengiringi penampilan mak yong yang sangat terkenal di daerah Riau. Alat musik tradisional ini dimainkan dengan alatmusik lain yang ada di riau.

Alat musik tradisional Tradisonal dari daerah Bangka Belitung :

25. DAMBUS

Dambus merupakan sebuah alat musik tradisional yang seperti dengan gitar dan memiliki bentuk mirip buah labu yang dipotong dua. Alat musik tradisional ini terbuat dari bahan kayu meranti dan kayu cempedak. Alat musik tradisional dambus memiliki 12 senar yang dipakai orang untuk memancing dan senar saling berdekatan sehingga seperti 6 senar.

26. GENDANG MELAYU

Gendang Melayu adalah alat musik tradisional yang dipukul yang dibuat dari bahan kulit hewan seperti kerbau, kambing dan juga lembu. Gendang Melayu merupakan alat musik tradisional dalam anggota genderang, yang bunyi nya berasal dari membraofon dengan cara memainkanya ditepuk dengan kedua belah telapak tangan.

27. GAMBANGAN

Gambangan adalah alat musik tradisional pukul yang seperti Gamelan di Jawa dan juga Bali, terdiri dari tujuh bagian potong kayu. Ada juga yang menggunakan lima potong kayu, gambangan merupakan alat musik tradisional asli dari Belitung. Bahannya dasarnya terbuat dari kayu lempung atau kayu meranti dan sengkrubong.

28. GONG

Gong adalah sebuah alat musik tradisional yang dipukul, instrumen atau waditra yang terbuat dari bahan dasar perunggu atau logam lain, bentuknya bundar dan besar seperti kuali gong mempunyai diameter  69 cm sampai dengan 105 cm. fungsinya Waditra adalah sebagai tanda akhir dari sebuah lirik lagu atau sebagai tanda pada bentuk-bentuk nada pada gending.

Alat musik tradisional Tradisonal dari daerah Jambi :

29. GENDANG PANJANG DUA SISI

Gendang panjang dua sisi juga termasuk dalam kategori alat musik tradisional perkusi. Gendang terbuat dari bahan dasar kayu denga selaput atau membran yang menghasilkan bunyi bila dipukul di kedua sisinya.

30. KELINTANG JOLO

Kelintang Jolo adalah sebuah alat musik tradisional pukul yang terbuat dari bahan dasar kayu. terdapat lima batang kayu yang digantung dengan bagian tali. Cara memainkannya yakni dengan cara dipukul menggunakan dua tongkat kayu untuk tangan kanan dan tangan kiri.

LANJUT KE HALAMAN BERIKUTNYA >>