6 Cara Cepat dan Mudah Menjadi Programmer Android Secara Otodidak

Posted on

Aplikasi yang dikembangkan dalam perangka mobile memang sedang buming belakangan ini, di tahun 2016 ini bahasa pemrograman yang populer berbasis mobile ialah android. Smart phone canggih sekalipun sekarang ini memakai sistem operasi android. Tak heran bila programmer aplikasi mobile khususnya programmer android menjadi sangat sibuk dengan project – project yang ditawarkan oleh para client. Dimulai dari project sederhana sampai dengan aplikasi sangat rumit yang dikembangkan dari bahasa pemrograman android.

Saya ingin menjadi programmer android secara otodidak, apa yang harus saya pelajari?

Pertanyaan diatas tersebut bukanlah pertanyaan yang jarang saya dengar dan lihat, banyak keyword di google dengan pertanyaan tersebut. Disini ayoksinau akan mencoba membantu kamu yang memang serius ingin belajar pemrograman dan ingin menjadi programmer android.

Dengan memahami menggunakan bahasa pemrograman android akan sangat membantu kamu dalam pembuatan aplikasi mobile yang berbasis android, membuat aplikasi game android dimana saat ini pekerjaan menjadi seorang game development mudah dalam mencari peluang guna bersaing dan dibutuhkan perusahaan – perusahaan besar. Meskipun harga aplikasi sederhana di Indonesia khususnya begitu murah, tetapi belum tentu di luar sana bisa lebih mahal. lantas darimana saya harus memulai belajar pemrograman android?

Dalam proses pembelajaran agar menjadi programmer professional bahasa pemrograman android kamu harus menguasai dan memahami algoritma bahasa pemrograman terlebih dahulu. Berikut ayoksinau rangkum cara dan langkah – langkah untuk menjadi programmer android.

Pelajari Bahasa Pemrograman Java

Bahasa pemrograman java harus kamu kuasai sebelum beranjak untuk belajar bahasa pemrograman android itu sendiri. Dikarenakan aplikasi yang dibangun untuk android ialah menggunakan bahasa java. Pengetahuan umum tentang bahasa pemrograman java sangatlah berpengaruh dalam membuat aplikasi android nantinya, contohnya class, package dan konsep java sendiri. Banyak sekali forum – forum yang membahas tentang bagai mana cara belajar bahasa pemrograman java. Bisa juga langsung belajar di situs resminya java.

Selain bahasa pemrograman java dan javascript, khusus untuk pembuatan aplikasi game android untuk mobile kamu dapat belajar pemrograman C# (csharp). C# bisa dengan mudah dipelajari dan digunakan untuk mengembangkan atau menbangun aplikasi game android dengan bantuan aplikasi game engine, contohnya game engine Unity3D yang sudah sering kami bahas di blog ini.

Pengetahuan tentang XML

Selain diharuskan memahami tentang bahasa pemrograman java terlebih dahulu sebelum memulai membuat aplikasi android, belajar xml adalah hal yang penting, karena xml ialah bahasa markup yang akan banyak dipakai untuk berbagai keperluan dalam aplikasi android. contohnya dipakai pada Webservice, Konfigurasi, Layout dan berbagai keperluan lain dalam pembuatan aplikasi android. Bahasa XML tidak begitu sulit untuk dipelajari baik untuk pemula. Belajar bahasa xml juga sudah banyak di forum – forum pemrograman yang bisa kamu pelajari secara otodidak.

Memahami Database SQLite

apabila membuat aplikasi Android yang menyimpan data data konfigurasi, data user dan data aplikasi didalam SQLite. Mau tidak mau anda juga harus mengetahui sedikit banyaknya tentang SQLite. Mempelajari syntax – syntax dasar pada SQLite. Yang kamu perlukan ialah hanya pengetahuan dasar saja, sambil jalan sambil belajar akan lebih efektif dan cepat mahir untuk menjadi seorang programmer android professional.

Gunakan aplikasi IDE Android Studio

Ketika sudah siap untuk mempelajari dan membuat aplikasi android pertama ialah  kamu, gunakanlah aplikasi IDE Android Studio yang bisa kamu download secara gratis dan dikembangkan oleh pencipta bahasa pemrograman android itu sendiri, Android Studio disarankan oleh google apabila  kamu ingin membangun dan mengembangkan aplikasi mobile android dengan mudah. Banyak sekali keunggulan dari android studio dari pada  aplikasi lain seperti eclipse.

Bertanya kepada teman dan Forum Programming

Banyak jalan menuju roma, seringlah bertanya disana -sini akan memudahkan kamu saat mempelajari bahasa pemrograman populer android dengan cara otodidak dan cepat. Carilah teman yang pakar pemrograman atau bergabung dengan komunitas online yang banyak di internet. Kamu juga dapat membeli buku – buku pemrograman android yang ada di gramedia terdekat kota kamu.

Try and Error

Seringlah mencoba, coba, coba dan coba lagi. Bertambahnya pengalaman dalam pembuatan aplikasi android akan membuatmu semakin dewasa dan cepat mahir. Dengan demikian, penulis yakin kamu akan cepat berhasil untuk menjadi programmer android dengan niat yang bersih dan tekat belajar yang tinggi.

Nah itulah tadi ulasan dari ayoksinau mengenai Cara Cepat dan Mudah Menjadi Programmer Android Secara Otodidak.

Baca juga artikel menarik dibawah ini: