5 Organ Tubuh Manusia Bagian Luar Lengkap Dengan Fungsinya

Posted on

5 Organ Tubuh Manusia Bagian Luar Lengkap Dengan Fungsinya

Manusia merupakan mahluk yang diciptakan dengan penuh kesempurnaan. Selain memiliki hati yang mampu digunakan untuk mempertimbangkan segala sesuatu yang baik dalam hidupnya, manusia juga diberikan otak yang mampu membuatnya berfikir dalam menentukan tindakan.

Namun dibalik itu semua, organ tubuh manusia bagian luarlah yang akan melaksanakan semua perintah dari otak dan hati. Sehingga bisa dibilang jika organ tubuh manusia bagian luar juga tak kalah pentingnya dengan organ tubuh manusia bagian dalam yang dianggap vital seperti jantung, otak, paru-paru dan masih banyak lainnya.

Lalu apa saja sih yang termasuk dengan organ tubuh manusia bagian luar? Berikut beberapa diantaranya.

1. Mata

Termasuk salah satu organ tubuh manusia bagian luar yang berada di bagian wajah, mata menjadi satu bagian tubuh yang sangat vital. Bagaimana tidak, dari mata tubuh bisa menerima respon berupa pantulan cahaya yang membuat manusia dapat membedakan bentuk, warna dan lain-lain.

Di dalam mata sendiri terdapat jutaan saraf yang terhubung ke otak dan menyalurkan perintah. Selain itu, juga terdapat berbagai organ yang mendukung pandangan manusia, seperti pupil, lensa, iris dan lain sebagainya.

2. Bibir

Bibir merupakan organ tubuh manusia bagian luar yang begitu peka terhadap benda asing. Ya, lapisan kulit pada bibir yang merupakan membran mukrosa ini merupakan membran yang dapat mendeteksi atau memiliki kepekaan rabaan begitu kuat.

Pada bagian dalam bibir, akan terdapat rongga mulut. Dimana dalam rongga mulut terdapat berbagai organ seperti lidah yang berfungsi sebagai indera pengecap, gigi yang berfungsi untuk mengunyah makanan dan lain-lain.

3. Alat reproduksi

Di dunia ini, terdapat dua jenis kelamin yaitu pria dan wanita. Dimana perbedaan ini terdapat pada jenis kelamin dan organ reproduksinya. Selain itu, pengaruh hormon juga sangat berperan aktif dalam penentuan jenis kelamin seseorang.

4. Anggota gerak

Lain dengan organ tubuh manusia bagian luar lainnya yang berukuran cukup kecil, untuk organ gerak manusia sendiri ukurannya jauh lebih besar yaitu tangan dan kaki.

Seperti namanya, kedua organ ini berfungsi untuk membantu pergerakan tubuh manusia, seperti berjalan, berlari, mengambil sesuatu, makan dan berbagai kegiatan lainnya.

5. Hidung dan telinga

Layaknya mata dan bibir, hidung dan telinga juga merupakan organ tubuh manusia bagian luar yang berada di kepala manusia. Hanya saja, kedua organ ini memiliki fungi yang berbeda.

Hidung memiliki peran penting dalam sistem pernafasan manusia, juga akan berfungsi sebagai penyaring atau filter. Sehingga kotoran yang tercampur dalam udara tidak akan masuk ke paru-paru. Sedangkan telinga berperan penting dalam pendengaran manusia. Sebab melalui telingalah manusia akan menerima rangsang atau suara dari luar.

Jagalah organ tubuh bagian luar maupun dalam anda, sebab fungsi mereka sangatlah besar dan penting demi keberlangsungan hidup anda dari ayoksinau.com.

Baca Juga :