4 Ciri-Ciri Teks Eksemplum Menurut Beberapa Sumber

Posted on

gambar Ciri-Ciri Teks Eksemplum

4 Ciri-Ciri Teks Eksemplum

ayoksinau.com – Teks ekseplum merupakan sebuah teks yang berisi tentang pengalaman hidup seseorang atau teks yang menceritakan sebuah perilaku tokoh dalam cerita, yang biasnya dalam teks memuat tentang pengenalan tokoh dalam cerita, kemudian menceritakan peristiwa yang di alami oleh tokoh, serta interprestasi yang di timbulkan oleh tokoh.

            Semua orang pasti pernah membuat teks eksemplum baik kaum hawa dan kaum hawa, mulai dari anak-anak, remaja bahkan orang dewasa. Cara membuat teks eksemplum sangat mudah, tetapi ada beberapa hal yang harus de perhatikan agar teks tersebut bisa di pahami dan di mengerti oleh pembaca. Di antaranya adalah ciri-ciri dari teks eksemplum, struktur dari teks serta unsur kebahasaan yang mendukung teks menjadi sebuah teks yang sempurna.

            Ada beberapa ciri khas dari teks eksemplum yang dapat di bedakan dengan teks lainnya, seperti.

  • Teks berisi tentang terjadinya peristiwa yang tidak di inginkan atau tidak terduga
  • Memiliki struktur teks yang lengkap
  • Urutan peristiwa atau kejadian yang lengkap dan jelas
  • Dalam teks eksemplum menggunakan bahasa naratif

Membuat teks eksemplum agar mejadi sebuah teks yang menarik dan mampu menarik perhatian pembaca, maka harus di perhatikan struktur yang ada dalam teks supaya teks menjadi teks yang utuh dan mudah di pahami oleh pembaca. Berikut adalah struktur teks eksemplum.

  • Pertama adalah orientasi atau bagian awal pada teks, pada bagian ini teks berisi tentang pengenalan tokoh
  • Insiden atau peristiwa ialah bagian teks yang mengandung tentang permasalahan atau peristiwa yang sedang di alami oleh tokoh. Bagian ini adalah bagian inti dari sebuah teks eksemplum, apabila pada bagian ini tidak jelas maksud yang di sampaikan oleh penulis maka seorang pembaca akan merasa kebingungan.
  • Interprestasi merupakan bagian teks yang terakhir yang berisi tentang pesan moral, evalusi, amanat yang di sampaikan oleh tokoh serta akibat dari masalah di hadapi oleh tokoh.

Membuat teks eksemplum hampir sama seperti membuat teks lain pada umumnya, yang banyak menggunakan unsur kebahasaan yaitu konjungsi atau kata hubung. Konjungsi atau kata hubung dalam teks eksemplum memiliki unsur-unsur yang harus di perhatikan oleh penulis agar teks yang dibuat bisa di mengerti oleh pembaca.

  • Di dalam teks menggunakan kalimat yang komplek
  • Menggunakan konjungsi atau kata hubung
  • Menggunakan kata rujukan, kata rujukan ialah kata yang merujuk pada kata lainnya yang telah di pergunakan sebelumnya
  • Menggunakan kata kerja atau verba, dimana kata kerja ini ialah kata yang menyangkut tentang suatu tindakan, pengalaman, atau keberadaan suatu subjek atau objek tertentu.

Untuk membuat teks eksemplum yang padu dan mudah untuk di pahami oleh pembaca, maka penulis harus benar-benar teliti memperhatikan semua bagian yang menyangkut teks eksemplum agar menjadi sebuah teks yang sempurna .

Demikian informasi penting mengenai Ciri – ciri teks eksemplum, diharapkan bisa menjadi inspirasi anda semua. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya :