3 Struktur Teks Eksplanasi Yang Bisa Dijadikan Referensi

Posted on

gambar Struktur Teks Eksplanasi3 Struktur Teks Eksplanasi Yang Bisa Dijadikan Referensi

ayoksinau.com – Teks ekplanasi ialah sebuah teks yang berisi mengenai suatu kejadian atau peristiwa alam, sosial, budaya, atau suatu ilmu pengetahuan. Dimana dalam teks tersebut adanya hubungan antara sebab dan akibat.

            Suatu teks eksplanasi memiliki suatu proses yang menggambarkan teks tersebut agar mudah di pahami dan di mengerti oleh pembaca. Ada beberapa hal penting yang harus di perhatikan dalam teks eksplanasi seperti struktur teks eksplanasi, ciri khusus yang menggambarkan teks , serta kaidah kebahasaan teks eksplanasi .

            Berikut struktur teks ekplanasi yang bisa di jadikan sebagai referensi :

  • Pertanyaan umum, adalah tahap pertama dalam suatu teks yang berisi tentang suatu kejadian atau peristiwa yang masih bersifat umum atau topik yang akan menjelaskan tentang proses keberadaan, proses terjadinya, atau proses terbentuknya sesuatu yang sedang di bahas dalam teks eksplanasi tersebut.
  • Sebab dan akibat, merupakan bagian kedua dari teks eksplanasi yang berisi tentang suatu kejadian atau peristiwa secara lengkap dan urut, yang di sajikan sesuai dengan tahapan dari awal hingga akhir agar mudah di pahami dan di mengerti oleh pembaca
  • Interprestasi, ada bagian akhir dari teks yang berisi tentang kesimpulan , amanat dari keseluruhan teks yang telah di sajikan.

Selain strktur teks juga terdapat ciri khusus yang akan membuat teks eksplanasi menjadi berbeda dengan teks yang lainnya. Berikut ciri khas dari teks eksplanasi.

  • Di dalam struktur teks terdapat pernyataan umum, urutan antara sebab dan akibat dan interpretasi atau kesimpulan dari sebuah teks
  • Memiliki informasi yang penting dan memiliki fakta atau bukti yang kuat tentang isi teks yang di bahas
  • Keakuratan dari teks bersifat ilmiah atau keilmuan yang dapat di buktikan

Bahasa merupakan hal penting yang harus di miliki oleh siapa saja, termasuk di dalam teks ternyata memiliki kebahasaan yang akan menjadi ciri khas yang dapat di jadikan sebagai pembeda antara yang satu dengan yang lain.

Di dalam teks eksplanasi teradapat kebahasaan yang menjadi ciri yang membedakan dengan teks eksposisi atau teks yang lainnya. Berikut kaidah kebahasaan teks eksplanasi.

  • Fokus pada hal yang bersifat umum, seperti peristiwa atau kejadian alam yang mengandung sebab dan akibat
  • Bahasa yang di pakai biasanya menggunakan istilah ilmiah, sehingga membuktikan bahwa teks tersebut terbukti keakuratannya
  • Menggunakan kata kerja material dan rasional atau kata kerja yang bersifat aktif
  • Konjungsi atau kata hubung yang di gunakan ialah konjungsi waktu dan tempat, misalnya apabila, jika, pertama, sebelum, kemudian.
  • Menggunakan kalimat yang bersifat pasif
  • Teks di buat untuk meyakinkan pembaca tentang isi yang di bahas di dalam teks

Untuk membuat teks ekplanasi atau memahami teks eksplanasi sangat mudah untuk di lakukan. Semoga ulasan tentang Struktur Teks Eksplanasi  bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya :