3 Manfaat Mempelajari Biologi di Bidang Pertanian Lengkap

Posted on

Manfaat Mempelajari Biologi di Bidang Pertanian

Saat ini, dunia pertanian bukan lagi sebuah dunia dimana orang bisa memandang sebelah mata. Ya, jika dulunya seseorang yang bergelut di bidang pertanian sering kali dianggap tak memiliki kemampuan berfikir yang baik, namun perkembangan dunia pertanian saat ini mematahkan anggapan tersebut.

Dibuktikan dengan banyaknya perkembangan yang menyangkut teknologi dan sumber daya manusia pengolahnya. Dan hal itu tak lain karena kemampuan berfikir serta ilmu yang dipelajarinya.

Salah satu ilmu yang sangat berperan besar dalam perkembangan tersebut adalah biologi. Ya, tak hanya sebatas bermanfaat untuk dunia kedokteran, namun ilmu biologi juga sangat bermanfaat untuk perkembangan di bidang pertanian.

Lalu apa sajakah manfaat mempelajari biologi di bidang pertanian? Ingin tahu selengkapnya? Berikut ulasannya untuk anda.

1. Penemuan bibit unggul

Kesuksesan bertani pastinya tak lepas dari bibit tanaman yang digunakan sehingga pemilihan bibit yang unggul sangat diperlukan. Namun, bagaimana bisa anda menemukan bibit unggul tanpa adanya kemampuan atau pengetahuan yang mendalam mengenai hal tersebut.

Nah disinilah manfaat mempelajari biologi di bidang pertanian akan berperan. Dimana ketika para ilmuan dapat menentukan kualitas bibit yang baik maka dapat dikembangkan lagi dan menjadi sebuah bibit siap tanam yang berkualitas.

Dan hal ini tentu tak hanya bermanfaat untuk para petani saja, namun sangat bermanfaat untuk lingkungan. Ya, sebab ketika petani menggunakan bibit dengan kualitas terbaik, maka tak perlu menggunakan berbagai pestisida atau penyubur tanaman yang berpotensi merusak lingkungan (tanah).

2. Ditemukan obat

Sudah menjadi hal mustahil di jaman seperti ini jika sebuah tanaman dirawat tanpa menggunakan obat-obatan atau pestisida yang digunakan dengan tujuan penyubur maupun pembasmi hama.

Meskipun jika digunakan dalam jumlah yang banyak dapat merusak lingkungan, namun jika digunakan masih dalam jumlah tertentu tidak akan menimbulkan masalah.

Sayangnya untuk menemukan obat-obatan yang sesuai dengan jenis-jenis tanaman tidaklah mudah. Untuk itulah seseorang perlu mempelajari biologi yang terkait dengan sistem pertumbuhan tanaman.

3. Ditemukan pewarisan sifat

Sering kali seorang petani mengeluhkan masalah tentang bagaimana cara perawatan tanaman yang ditanamnya. Karena tak jarang bibit yang baik pun tidak menentukan hasil panen tanaman tersebut apabila tak diimbangi dengan perawatan yang baik.

Untuk itulah, pengetahuan mendalam mengenai lingkungan tumbuhan (tanah, suhu dan lain-lain), jenis tanaman serta obat pendukung sangat diperlukan. Dan manfaat mempelajari biologi di bidang pertanian salah satunya adalah untuk memberikan pengetahuan pada anda mengenai hal-hal tersebut.

Sehingga apabila pengetahuan dasar mengenai tanaman dan faktor eksternal lainnya diketahui dengan baik, perawatan tumbuhan pun dapat dilakukan dengan baik. Termasuk mempelajari sifat pewirisan yang diperlukan untuk perawatan selanjutnya terhadap jenis tanaman yang sama.

demikian dari ayoksinau.com dan jangan pernah sepelekan ilmu yang anda pelajari, sebab sedikit atau banyak ilmu tersebut pasti akan membawa manfaat .

baca juga :