19 Macam Ilmu Penunjang Geografi (LENGKAP)

Posted on

Geografi memiliki kajian ilmu yang sangat luas sehingga ilmu geografi memerlukan ilmu pendukung yang erat kaitannya dengan geografi. Kajian geografi mempelajari bumi secara fisik, teritorial, gejala sosial, dan interaksi antarmanusia. Hal ini menjadi ciri geografi yang spesifik dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Ilmu pendukung tersebut, antara lain adalah sebagai berikut.

Geomorfologi

Geomorfologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bentuk muka bumi dan juga proses terjadinya.

Hidrologi

Hidrologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang air baik di permukaan maupun di bawah permukaan tanah.

Geologi

Geologi merupakan ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan, komposisi, asal kejadian, struktur, dan sejarahnya (termasuk perkembangan kehidupan) dan juga proses alamiah perkembangannya.

Botani

Botani merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang dunia tumbuhan dan persebarannya.

Oceanografi

Oceanografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang perairan laut dan isinya, sifat-sifat air laut, antara lain, terjadinya pasang surut, kedalaman, arus, geologi dasar laut, tumbuhan, binatang, juga hubungan antara laut dan atmosfer.

Meteorologi

Meteorologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang keadaan cuaca.

Klimatologi

Klimatologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang keadaan iklim.

Biologi

Biologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang makhluk hidup di permukaan bumi ini.

Demografi

Demografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang cara mengumpulkan, menyelidiki catatan-catatan dan juga statistik penduduk untuk mengetahui perkembangan, migrasi, kepadatan, kelahiran, kematian, dan persebaran penduduk.

Zoologi

Zoologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang hewan dan persebarannya di muka bumi.

Antropologi

Antropologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang manusia dan kebudayaannya.

Sosiologi

Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang pola pergaulan manusia dalam masyarakat.

Ekologi

Ekologi merupakan cabang dari ilmu biologi yang mempelajari tentang hubungan antarorganisme dan antara organisme dengan lingkungan.

Ekonomi

Ekonomi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang usaha-usaha manusia guna memenuhi kebutuhan hidup dalam mencapai kemakmuran.

Astronomi

Adalahh ilmu yang mempelajari tentang benda-benda langit di luar atmosfer bumi, misalnya matahari, bulan, bintang, dan juga ruang angkasa, baik sifat-sifat fisik, kimia, maupun gerakan sampai dengan proses kejadian benda langit.

Geografi Politik

Geografi politik merupakan cabang ilmu geogarfi yang khusus mempelajari tentang kondisi-kondisi geografis ditinjau dari sudut pandang politik dan juga kepentingan negara.

Geografi Fisik

Geografi fisik merupakan cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang bentuk dan struktur permukaan bumi, yang mencakup aspek geomorfologi dan juga hidrologi.

Geografi Manusia

Geografi manusia merupakan cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang aspek sosial, ekonomi dan juga budaya penduduk.

Geografi Regional

Geografi regional merupakan cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang suatu kawasan tertentu secara khusus, contohnya geografi Asia tenggara dan geografi timur tengah.

Kartografi

Kartografi merupakan ilmu tentang peta, baik teknis pembuatan, jenis, dan juga pemanfaatannya.

Geografi ialah berada pada posisi sentral di dalam sistem pengetahuan karena berada dalam dua bagian ilmu. Di satu pihak mempelajari hal-hal yang bersifat fisik, dan di lain pihak mempelajari hal-hal yang sifatnya sosial. Dengan katalain, tampak dengan jelas bahwa geografi tidak bisa berdiri sendiri tanpa adanya dukungan dari ilmu penunjang yang lainnya.

Demikian artikel dari ayoksinau.com mengenaiĀ 19 Macam Ilmu Penunjang Geografi, semoga menambah wawasan anda semua.

baca juga artikel menarik dibawah ini: