11 Sistem Organ Pada Tubuh Manusia Lengkap

Posted on

Sistem Organ Pada Tubuh Manusia

Tubuh manusia terdiri dari 11 sistem organ yang bekerja sama satu dengan yang lainnya. Ayoksinau.com akan membahas secara singkat fungsi utama dari setiap sistem organ di bawah ini.

  1. Sistem Integumen, seperti kulit, rambut, kuku penutup pada tubuh yang ada diluar dan melindungi jaringan yang lebih dalam dari cedera. inti reseptor kulit, kelenjar keringat, kelenjar minyak, dan mensintesis vitamin D.
  1. Sistem tulang dan sendi yang mendukung dan melindungi organ-organ tubuh. Menyediakan penggunaan otot kerangka sebuah Tulang juga menyimpan mineral dan membuat sel-sel darah.
  1. Sistem otot atau rangka untuk menjaga postur dan menghasilkan gerakan.
  1. Sistem Limfatik terdiri dari  pembuluh limfatik, saluran toraks, sumsum tulang merah, limpa, kelenjar getah bening Rumah sel darah putih (limfosit) yang terlibat dalam kekebalan.
  1. Sistem pernafasan yakni rongga hidung, faring, laring, trakea, bronkus, paru-paru untuk menghapus karbon dioksida dan terus memasok darah dengan oksigen. pertukaran udara terjadi dalam sistem pernapasan terutama paru-paru.
  1. Sistem Pencernaan mulai dari rongga mulut, esofagus, hati, lambung, usus kecil, usus besar, rektum, anus dan mengolah makanan yang akan diserap oleh tubuh dan membuang limbah setelah
  1. Sistem Saraf (otak, sumsum tulang belakang, saraf) sistem kontrol tubuh, merespon perubahan internal dan eksternal, mengaktifkan otot dan kelenjar.
  1. Sistem Endokrin kelenjar pineal, kelenjar pituitari, kelenjar tiroid dari sistem endokrin mensekresi hormon yang mengatur banyak proses seperti pertumbuhan, metabolisme, dan reproduksi.
  1. Sistem Kardiovaskular Jantung memompa peredaran darah dan pembuluh darah mengangkutnya ke selurah bagian tubuh. Darah membawa oksigen, karbon dioksida, nutrisi, limbah dan lebih di seluruh tubuh.
  1. Sistem Kandung Kemih yakni ginjal, ureter, kandung kemih, uretra yang bekerja Menghilangkan limbah nitrogen dari tubuh. Mengatur asam-basa, elektrolit dan keseimbangan air dalam
  1. Sistem Reproduksi, Fungsi utama dari sistem reproduksi adalah untuk menghasilkan keturunan. hormon pada dan sperma dihasilkan oleh testis laki-laki. saluran laki-laki dan kelenjar membantu memberikan sperma. Ovarium menghasilkan hormon pada wanita dan telur. Struktur reproduksi wanita yang lainnya adalah berfungsi sebagai media pemupukan dan pengembangan. Misalnya, kelenjar pada susu menghasilkan air susu untuk bayi yang baru lahir.

Demikianlah artikel tentang 11 Sistem Organ pada tubuh manusia Lengkap semoga dapat bermanfaat.

Baca Juga :