10 Tips Belajar Yang Baik Dan Benar

Posted on

Belajar Yang Baik Dan Benar

Belajar yang baik dan benar adalah lanjutan dari artikel tentang Mengapa kita harus belajar? berikut adalah 10 tips belajar yang baik dan benar sehingga tujuan dalam setiap kita belajar tercapai dengan pasti :

1. Berdoa

Memulai dan mengakhiri sebuah aktifitas baiknya dengan berdoa karena dengan kita berdoa maka hati dan fikiran kita akan tenang sehingga terciptanya suasana belajar yang nyaman.

2. Niat yang lurus

Sungguh sungguh dalam belajar bulat kan tekad dalam hati, dengan niat yang lurus maka tujuan kita akan segera tercapai. Karena niat ini memiliki sifat yang sangan fleksibel dalam artian kapan saa bisa berubah bahkan dalam hitungan detik.

3. Cari guru yang baik

Guru adalah salah satu perantara menuju kesuksesan, tanpa ada nya bimbingan guru yang baik dalam belajar maka akan terasa sulit ketika bertemu dengan hal yang belum pernah ditemui, tetapi jika ada guru maka kita pasti akan bertanya kepada guru.

4. Disiplin Dalam Belajar

Kedisiplinan memang sangat penting dalam proses belajar karena dengan kedisiplinan tersebut ilmu akan sangat mudah masuk kedalam diri kita.

5. Rajin Mencatat rangkuman pelajaran

Sahabat  Ali bin Abi Thalib berpesan yaitu “ikatlah ilmu dengan menuliskannya” Karena dengan mencatat kita melakukan tiga hal, yang pertama membaca, mendengar dan menulis sehingga proses belajar jadi lebih baik dan benar.

6. Belajar Dengan Serius dan Tekun

Keseriusan dan ketekunan adalah kunci utama dalam proses belajar dengan terus sungguh sungguh dan menekuninya

7. Mendengarkan penjelasan guru dengan baik.

Ketika guru sedang menjelaskan alangkah baiknya jika murid mendengarkan dengan seksama karna penjelasan dari guru akan mempermudah kita juga dalam belajar.

8. Bersikap Jujur

Tidak sedikit orang yang belum jujur dalam belajar yakni masih melakukan plagiat dengan cara mencontek atau yang lainnya. Sehingga proses belajar malah merusak daya kreatifitas dalam menjawab soal soal yang diberikan oleh guru.

9. Sering melakukan praktek

Mengulang ulang apa yang di jelasakan oleh guru apa lagi bagi materi materi praktek akan membuat proses belajar lebih baik dan benar.

10. Focus

Jangan suka berganti ganti bidang dengan kita memfokuskan pada satu bidang maka kita akan menjadi ahli nya. tetapi jika bidang yang kita pelajari terlalu banyak maka kita tidak akan focus kepada satu bidang keahlian dan itu mengakibatkan ilmu yang keta dapat hanya setengah (tidak tuntas) dari masing masing bidang.

Dari 10 tips belajar yang baik dan benar yang sudah dipaparkan oleh ayoksinau.com diatas, maka coba lah untuk memulai 1 atau 2 tips tersebut jika anda merasa perlu menerapkan 10 tips tersebut maka itu akan jauh lebih baik dari pada tidak sama sekali.

Baca Juga : Metode Pembelajaran Yang Baik